MMKSI Kembali Gelar Kontes Nasional Tenaga Diler

IN
Oleh inilahcom
Jumat 20 Desember 2019
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Dalam menghadapi pasar otomotif di Indonesia, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tak hanya terfokus pada strategi penjualan, tetapi juga kualitas layanan, guna menjangkau lebih banyak pelanggan untuk merasakan kualitas produk serta layanan berstandar Mitsubishi Motors.

Seiring dengan agresifnya pergerakan informasi, perkembangan teknologi, juga persaingan bisnis yang membentuk permintaan pelanggan, sebagai pelaku prosedur operasi standar, diler perlu siap menghadapi hal tersebut.

Maka untuk memastikan berjalannya praktik dalam keseharian proses bisnis pada diler, MMKSI menyelenggarakan program National Contest untuk SDM diler di seluruh Indonesia.

Melalui program ini, MMKSI memberikan penghargaan kepada SDM diler yang mampu menunjukkan kualitas yang diharapkan mulai dari jenjang operasional baik yang kerap berinteraksi dengan pelanggan, hingga jenjang manajerial yang mengatur strategi bisnis.

Kontes ini menguji kemampuan SDM diler Mitsubishi Motors, yang meliputi unsur layanan di area Sales, After Sales, dan Customer Satisfaction.

Beberapa tahap seleksi dilakukan sepanjang tahun 2019, dan sebagai puncak penghargaan bagi pencapaian diler dalam kontes, MMKSI menggelar 'Awarding Ceremony-National Contest' di Jakarta, pada Selasa, 17 Desember 2019.

Pelaksanaan program ini juga sejalan dengan tagline Mitsubishi Motors, yaitu 'Drive Your Ambition', dan diharapkan dapat mendorong diler Mitsubishi Motors di berbagai daerah di Indonesia untuk memiliki ambisi menghasilkan SDM dengan kualitas yang mumpuni dan diakui, tak hanya oleh MMKSI sebagai pemegang merek & distributor, tetapi juga oleh pelanggan.

Tahun ini, Mitsubishi Motors meraih penghargaan peringkat tertinggi CSI, SSI, dan IQS dari JD Power. Hal tersebut merupakan bukti keseriusan MMKSI dalam menjaga kualitas produk dan layanan Mitsubishi Motors di Indonesia.

"Program National Contest yang kami selenggarakan setiap tahunnya, menjadi salah satu langkah nyata untuk memotivasi seluruh personel diler dalam memberikan pelayanan terbaik guna mencapai kepuasan pelanggan, baik dari aspek penjualan maupun purnajual, baik dari level operasional hingga manajerial," ujar Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI.

"Kami tidak hanya sekedar menghadirkan jajaran produk unggulan dengan kualitas, performa, dan teknologi yang disematkan, tetapi juga layanan prima yang berorientasikan kepuasan pelanggan," imbuhnya.

Berbagai kategori yang dilombakan pada kontes ini adalah:

1. Sales Appraisal Program (SAP)

Dari sisi layanan penjualan, kategori SAP dalam kontes nasional menjadi agenda tahunan MMKSI untuk memotivasi tenaga penjual mulai dari level Sales Force, Sales Supervisor, dan Sales Manajer untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan, memberikan kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan Mitsubishi Motors.

Poin-poin yang dievaluasi dalam kategori SAP untuk tenaga penjual meliputi produktivitas penjualan seorang Sales Force yang didukung oleh pengetahuan produk yang baik, kemampuan berkomunikasi dalam menjelaskan produk, serta kualitas pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelanggan Mitsubishi Motors.

Pada level Sales Supervisor dan Sales Manajer, aspek evaluasi lebih ditekankan pada kepemimpinan di dalam tim (team leadership) serta pencapaian target penjualan (target achievement).

2. After Sales Contest

Pada kategori After Sales, kontes juga diadakan setiap tahun guna memotivasi tenaga kerja after sales untuk meningkatkan kemampuan dalam pelayanan, sehingga kepuasan pelanggan saat melakukan kegiatan servis dapat tercapai.

Kontes After Sales dibagi menjadi empat kategori, yakni Technician Contest (kontes bagi mekanik senior), Service Advisor Contest (kontes bagi Service Advisor), Periodical Maintenance Contest (kontes bagi mekanik junior), dan After Sales Manajer Contest (kontes yang baru diusung di tahun 2019 bagi Manajer After Sales yang ada di bengkel resmi Mitsubishi Motors seluruh Indonesia).

Nilai yang dievaluasi pada kontes after sales ini juga dibagi menurut tugas masing-masing.

Dalam Technician Contest, teknisi harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam menangani perbaikan kendaraan penumpang pada diler, mampu menangani permasalahan yang ada dengan cepat dan sesuai dengan prosedur workshop manual yang ada.

Tak hanya itu, teknisi juga harus mampu menggunakan alat ukur dan 'MUT III', yang merupakan mesin scanner yang tersedia di diler resmi Mitsubishi Motors.

Sedangkan pada Service Advisor Contest, seorang service advisor harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses penerimaan hingga penyerahan kendaraan saat pelanggan melakukan servis di diler.

Dalam proses penerimaan pelanggan ini, seorang service advisor harus menerapkan tujuh Step Procedure, yang meliputi kemampuan teknik pelayanan dan konsultan permasalahan pada kendaraan penumpang, selain memiliki semangat cross-selling dalam menawarkan produk perawatan kendaraan, sehingga pelanggan mendapatkan informasi yang tepat atas perawatan kendaraan di diler resmi Mitsubishi Motors.

Dalam kontes Periodical Maintenance, peserta harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses perawatan berkala pada kendaraan penumpang yang sesuai dengan service booklet, flat rate, dan workshop manual.

Kontes ini mencatat kecepatan kerja serta kualitas yang maksimal dan sesuai dengan standar kerja pada diler resmi sebagai salah satu aspek penting.

Terakhir, dalam After Sales Manajer Contest, seorang Manajer After Sales harus mampu membuat suatu perbaikan (improvement) berkaitan dengan bidang kerja service, spare part atau kepuasan pelanggan.

Kemampuan seorang Manajer After Sales mempresentasikan program perbaikan yang sudah dilakukan di diler dengan lengkap dan jelas, merupakan salah satu aspek penting penilaian.

3. Dealer PDCA Contest

Dealer PDCA Contest dengan CSO (Customer Satisfaction Officer) sebagai peserta kontes ini secara tahunan dilaksanakan guna meningkatkan kualitas layanan di diler, baik layanan di area sales maupun area after sales, melalui CSO sebagai agen yang membawa perubahan.

Dealer PDCA Contest mengusung konsep kaizen/ PDCA (Plan-Do-Check-Action), yaitu perbaikan terus-menerus di area yang bersentuhan dengan customer satisfaction berdasarkan situasi aktual yang ada di diler.

Sama dengan konsep kaizen pada umumnya, kaizen dalam kontes ini mencakup nilai perbaikan berkesinambungan dan melibatkan elemen SDM lainnya, mulai dari level operasional hingga manajemen.

Dalam kontes ini, CSO harus mampu menganalisa celah yang dapat diperbaiki berdasarkan observasi situasi aktual pada diler dan data-data yang tersedia termasuk suara pelanggan, kemudian membuat dan menjalankan rencana perbaikan di diler, lalu mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah dijalankan.

Dealer PDCA Contest, menilai program perbaikan layanan di area Sales (SSI) dan After Sales (CSI), diler harus mampu meningkatkan kualitas layanan yang dimonitor melalui survei lokal SSI dan CSI.

CSO harus mampu mempresentasikan program perbaikan yang sudah dilakukan di dealer dengan lengkap dan jelas, hal ini juga merupakan salah satu aspek penilaian penting dalam kontes ini.

Seluruh proses kontes dan penjurian telah dilakukan pada dua hari pelaksanaan tahapan final pada 16-17 Desember 2019.

Nama-nama pemenang pun sudah diumumkan pada sesi awarding ceremony dan penghargaan telah diserahkan oleh manajemen MMKSI.

Para pemenang Sales Appraisal Program dan After Sales Contest mendapatkan hadiah berupa trofi dan wisata ke luar negeri. Sedangkan pemenang Dealer PDCA Contest mendapatkan hadiah berupa trofi dan fasilitas pendukung opersional pelayanan di diler.

Berikut daftar para pemenang National Contest Mitsubishi Motors:

[ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA