Periksa 7 Hal Ini di Mobil Anda Sebelum Liburan

IN
Oleh inilahcom
Senin 30 Desember 2019
share
 

MUSIM liburan akhir tahun telah tiba. Sudah banyak dari Anda yang merencanakan liburan bersama sahabat atau keluarga. Bagi yang memutuskan menggunakan kendaraan sendiri, sebaiknya memperhatikan kondisi kendaraan Anda.

Kondisi kendaraan yang prima sangat penting untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan selama di jalan. Belum lagi jika tujuan perjalanan Anda harus menempuh jarak ratusan kilometer. Jika mobil bermasalah bisa membuat liburan akhir tahun Anda berantakan.

Mengutip sejumlah sumber, berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan bagi pemilik kendaraan sebelum berpergian jauh selama libur akhir tahun.

Anda dapat melakukannya sendiri dengan melihat fisik kendaraan. Atau jika perlu, bisa datang ke bengkel resmi terdekat langganan Anda.

1. Periksa Kondisi Ban

Perjalanan jauh tentunya membutuhkan kondisi ban yang prima. Pastikan kondisi dan umur ban masih dalam rekomendasi. Caranya periksa ukuran tapak ban yang sebaiknya di atas 50 persen. Cek kedalaman ban lewat tire wire indicator apakah baik-baik. Ganti baru, jika memang diperlukan.

Periksa juga tekanan angin ban. Biasanya tekanan angin pada ban mobil antara 30-34 psi. Jangan lupa juga periksa ban cadangan/ ban serep untuk jaga-jaga.

2. Periksa Kondisi Oli Mesin

Pastikan oli mesin dalam kondisi yang cukup dan untuk mengeceknya bisa menggunakan dipstick. Caranya, setelah oli diambil menggunakan dipstick level oli harus berada di garis antara L dan F dan lebih baik jika berada sedikit di bawah garis level F.

Jika kurang dari garis yang disebutkan, maka dari itu tambahkan oli secukupnya dan pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli tersebut masih cukup untuk jarak yang akan di tempuh.

3. Periksa Air Radiator

Setelah memeriksa kondisi oli mesin, coba periksa air radiator. Pastikan air radiator dan tabung cadangan air radiator (reservoir) terisi dalam kondisi yang penuh.

Jika pemilik mobil tidak memperhatikan air radiator akibatnya mobil akan mogok akibat panas yang dihasilkan berlebih (overheat).

Pastikan juga sambungan selang dari radiator ke mesin tersambung kencang dan tidak terjadi kebocoran.

4. Periksa Sistem Pengereman

Rem menjadi salah satu bagian penting yang harus diperiksa. Cek kondisi minyak rem. Jika minyak berada pada kondisi yang mulai habis, segera isi hingga batas yang sudah ditentukan.

Selain minyak rem, perhatikan juga kampas rem jika sudah memungkinkan waktunya untuk diganti ataupun sudah dalam kondisi yang tidak prima maka segeralah diganti supaya pengereman dapat bekerja secara maksimal.

5. Periksa Lampu-Lampu

Jika Anda memutuskan untuk berjalan malam hari, pastikan semua unit pencahayaan berfungsi dengan baik. Jika ada bagian lampu yang mati segeralah menggantinya.

Selain itu, perhatikan juga reflektor. Jika reflektor banyak ditemukan debu yang mengendap segera untuk dibersihkan. Karena reflektor yang kotor dapat mengurangi penerangan.

6. Periksa Kondisi Wiper

Beberapa pekan terakhir sudah mulai sering hujan. Perhatikan wiper menempel dengan kuat pada permukaan kaca depan dan tidak meninggalkan noda dan goresan.

Karena masuknya musim penghujan, wiper sangat berguna untuk melibas air yang dapat mengganggu pandangan bagi pengemudi.

Selain melibas air, wiper tentunya juga berfungsi untuk membersihkan kotoran.

7. Periksa Perangkat Perbaikan Darurat

Kita tentunya berharap tidak ada kendala di perjalanan. Tapi untuk berjaga-jaga tak ada salahnya siapkan perangkat perbaikan darurat.

Perangkat yang perlu disiapkan seperti dongkrak dan alat untuk mengganti ban. Perhatikan alat-alat tersebut tersedia dan tersimpan rapih di bagasi mobil. Alat ini tentunya berguna jika ban mobil dalam kondisi kempes.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA