Ada Iklan di Ponsel Realme, Begini Cara Matikannya

IN
Oleh Ibnu Naufal
Jumat 03 Januari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Beijing - Iklan dalam perangkat lunak adalah sumber pendapatan yang bagus untuk perusahaan, tetapi biasanya sesuatu yang tidak disukai pengguna.

Pekan ini, Realme mengumumkan akan membawa iklan ke ColorOS setelah satu tahun pertumbuhan besar di pasar Android.

Merek smartphone termuda itu membuat pengumuman di forumnya, mengatakan bahwa perangkat dengan ColorOS 6 dan di atasnya akan menyodori iklan.

"Untuk terus menawarkan lebih banyak kejutan bagi Anda dan (untuk) mempertahankan model bisnis yang sehat dan berkelanjutan, kami telah memperkenalkan rekomendasi konten komersial di OS," demikian bunyi pengumuman tersebut.

Realme mengonfirmasi bahwa iklan akan muncul di Phone Manager dan pada halaman Security Check setelah menginstal aplikasi baru.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak ingin menerima iklan di ponsel Realme Anda?

Dilansir Android Authority, ternyata ada cara sederhana untuk menonaktifkannya, yakni dengan

1. Ketuk pengaturan > pengaturan tambahan > dapatkan rekomendasi

2. Menonaktifkan terima rekomendasi

Sangat menarik untuk dicatat bahwa beralih terima rekomendasi juga merujuk ke halaman Download Management sebagai satu tempat untuk iklan. Tidak jelas apakah ini adalah lokasi ketiga untuk iklan.

Sebelum Realme, vendor lain juga pernah melalukan hal memalukan yang sama. Samsung dan Google pernah mengejek Apple karena membuang port headphone, sebelum akhirnya mereka juga melakukan hal yang sama.

Google juga mengklaim dua kamera belakang tidak perlu sebelum menambahkan satu kamera ke Pixel 4.

Namun demikian, Realme telah berkembang pesat dalam 18 bulan terakhir berkat harganya yang sangat kompetitif. Menampilkan iklan mungkin salah satu cara untuk memastikan harga perangkat tetap rendah.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA