Misi Chandrayaan-3

India Kembali Coba Misi Pendaratan di Bulan

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 04 Januari 2020
share
 

INILAHCOM, New Delhi - Badan antariksa India menyetujui misi pendaratan di Bulan ketiga setelah dua misi sebelumnya gagal. Apabila berhasil, mereka akan menjadi kekuatan angkasa berbiaya rendah.

Mengutip Reuters, Kepala Indian Space Research Organisation, K. Sivan, mengatakan bahwa misi Chandrayaan-3 ini akan dilengkapi dengan sebuah lander dan rover.

Pendaratan sebelumnya, Chandrayaan-2 pada September tahun lalu, berhasil memasang orbit Bulan yang bisa mengirim data ke Bumi, namun, mereka gagal memasang rover di permukaan Bulan karena pendaratan tidak mulus.

India berencana mendarat di kutub selatan Bulan lewat Chandrayaan-3, belum ada yang mendarat di titik tersebut selama ini karena memiliki kawah berisi air. Wilayah kutub selatan Bulan juga terpengaruh suhu tinggi Matahari.

Chandrayaan-3 akan menggunakan konfigurasi yang sama dengan misi sebelumnya. ISRO berharap air di kutub selatan menjadi es, seperti yang mereka deteksi pertama kali pada 2008 lalu.

Misi ketiga India akan berlangsung tahun ini, kantor berita PTI mengutip menteri junior di departemen luar angkasa Jitendra Singh, menulis Chandrayaan-3 berbiaya lebih rendah dibandingkan proyek sebelumnya.

Selain mengirim pesawat ke Bulan, India juga akan mengirimkan pesawat berawak pada akhir 2021, mereka sudah memilih empat astronot untuk dilatih bulan ini.

Misi bernama Gaganyaan ini diperkenalkan pada 2018 lalu, berbiaya US$1,4 miliar. Selain itu, India juga sedang dalam proses akuisisi lahan untuk pangkalan luar angkasa di kota pelabuhan Thoothkudi di negara bagian Tamil Nadu.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA