19 Derajat Celsius, Norwegia Catat Suhu Terpanas

IN
Oleh inilahcom
Minggu 05 Januari 2020
share
 

INILAHCOM, Oslo - Wilayah barat Norwegia mengalami gelombang panas yang langka pada awal Januari 2020. Suhu mencapai 19 derajat Celsius, padahal biasanya suhu berada di bawah titik beku.

Suhu 19 derajat Celsius itu diukur di Desa Sunndalsora, di wilayah barat Norwegia --lebih dari 25 derajat Celsius di atas temperatur rata-rata bulan Januari.

Hal ini menjadikannya sebagai hari terpanas Januari di Norwegia semenjak pencatatan dimulai.

Banyak orang menikmati cuaca yang hangat, namun ada kekhawatiran bahwa kenaikan suhu itu adalah contoh dari perubahan iklim.

"Ini rekor baru untuk cuaca hangat di sini. Orang-orang (sudah) keluar di jalan-jalan dengan mengenakan kaos hari ini," kata Yvonne Wold, Wali Kota Rauma, kepada BBC.

"Banyak orang biasanya bermain ski saat ini. Tidak banyak yang melakukan itu seperti yang terjadi pada hari ini," tambahnya.

Sementara cuaca panas merupakan sesuatu yang baru bagi warga setempat, Wold mengatakan ada kekhawatiran perihal gambaran yang lebih besar dari kenaikan suhu.

Penyiar BBC yang mengkhususkan pada prediksi suhu dan cuaca, Peter McAward mengatakan suhu tertinggi sebelumnya di Sunndalsora pada Januari adalah 17,4 derajat Celsius.

Suhu 19 derajat Celsius juga memecahkan rekor untuk setiap bulan pada musim dingin (Desember hingga Februari) di Skandinavia, tambahnya.

Sementara suhu lebih hangat di Skandinavia terjadi pada Desember, McAward mengatakan, hari yang sangat hangat di Sunndalsora mengalami penurunan di lokasi spesifiknya.

"Penyebab utama pemecahan rekor suhu di kawasan khusus ini adalah dampak dari angin foehn," katanya.

Angin Foehn adalah embusan angin hangat yang terjadi di sisi bawah pegunungan.

Suhu 19 derajat Celsius di Sunndalsora memegang rekor suhu maksimum di Norwegia pada Desember (18,3 derajat Celsius) dan Februari (18,9 derajat Celsius).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA