CES 2020

Lenovo Pamer Laptop Layar Lipat ThinkPad X1 Fold

IN
Oleh inilahcom
Rabu 08 Januari 2020
share
(theverge.com)

INILAHCOM, Las Vegas - Dalam ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2020, Lenovo memperkenalkan ThinkPad X1 Fold, laptop dengan layar yang dapat dilipat atau yang lebih dikenal dengan folding laptop.

Kabar kehadiran folding laptop ini sejatinya sudah terdengar sejak tahun lalu, bahkan Lenovo juga sempat memamerkan prototipe dari perangkat tersebut.

Mengutip The Verge, Lenovo ThinkPad X1 Fold dibekali layar OLED berukuran 13,3 inci. Layar yang dibuat oleh vendor asal Korea Selatan, LG, tersebut memiliki resolusi 2048 x 1536 piksel, serta aspect ratio 4:3 ketika dibentangkan.

Tak berbeda dengan smartphone layar lipat, ketika dibentangkan, laptop ini terlihat menyerupai sebuah perangkat tablet dengan ukuran yang lebih besar.

Laptop ini juga memiliki dua buah kickstand atau tatakan yang bisa digunakan untuk membentangkan layar secara penuh.

Dengan demikian, perangkat ini juga bisa ditegakkan layaknya komputer desktop all-in-one dengan ukuran yang lebih kecil.

Lenovo ThinkPad X1 Fold dibekali dengan sistem operasi Windows 10 Pro. Artinya, Lenovo harus melakukan sejumlah penyesuaian agar sistem operasi ini dapat bekerja dengan optimal pada perangkat layar lipat.

Sebab, Windows 10 yang dibuat khusus untuk perangkat layar lipat seperti Surface Neo masih belum diketahui kapan akan dirilis.

Lenovo ThinkPad X1 Fold juga hadir dengan keyboard eksternal. Keyboard ini dapat ditempatkan di bagian layar perangkat ketika perangkat dalam kondisi dilipat.

Sehingga, pengguna dapat mengubah bentuk ThinkPad X1 Fold dari semula yang menyerupai tablet, menjadi sebuah laptop mini.

Pihak Lenovo sendiri belum membeberkan seperti apa rincian spesifikasi jeroan dari perangkat ini. Namun, perusahaan asal China itu mengatakan bahwa ThinkPad X1 Fold ditenagai oleh prosesor Intel yang mengusung teknologi hybrid.

Belum ada tanggal pasti kapan Lenovo ThinkPad X1 Fold ini akan rilis secara resmi. Kabarnya, perangkat inovatif ini akan mulai dipasarkan pada pertengahan 2020 dan dibanderol dengan harga US$2.499 atau sekitar Rp35 juta.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA