Review Realme 5i: Raja Baru di Segmen Entry Level

IN
Oleh Ibnu Naufal
Kamis 16 Januari 2020
share
Realme 5i - (inilahcom/Ibnu Naufal)

REALME memiliki rekam jejak yang mengagumkan dengan lini smartphone 5-series, termasuk Realme 5s, Realme 5, dan Realme 5 Pro. Realme pun telah mengumumkan bahwa lini smartphone ini terjual lebih dari 6 juta unit secara global sejak diluncurkan, dimana jumlahnya cukup mengesankan.

Sekarang, memasuki dekade baru di 2020, Realme telah memutuskan untuk melahirkan kembali ponsel dari seri Realme 5 dengan peluncuran terbarunya, Realme 5i.

Smartphone anyar ini tetap mempertahankan semua spesifikasi inti dari perangkat yang lama, dengan diantaranya perbedaan adalah dalam desain panel belakang dan kamera selfie.

Lalu apa saja hal yang menarik di Realme 5i yang bisa dikatakan memang membawa perubahan dan bisa membuat Realme 5i menjadi smartphone yang bakal banyak disukai orang? Mari coba kita bahas dalam review ini.

Desain 'Matahari Terbit'

Hal pertama yang menjadi pembeda di Realme 5i adalah pada kemasan yang sebelumnya dengan kotak putih kini Realme telah menggunakan colourway kuning khasnya untuk kemasan dengan branding di sekelilingnya.

Saat Anda mengangkat tutup boksnya, Anda akan menemukan selembar kardus kecil berisi dokumen-dokumen yang tergeletak di atas Realme 5i.

Di bawah perangkat, Anda akan menemukan kabel micro-USB dan adaptor pengisi daya 10 watt. Tidak ada pelindung atau earphone yang disediakan di dalam kotak, tetapi Anda mendapatkan pelindung layar yang sudah diterapkan pada tampilan layar.

Untuk satu hal kami tidak keberatan dengan pelindung case yang hilang, karena sementara Realme mempertahankan tubuh plastiknya, mereka menghilangkan lapisan berlian mengkilap di bagian belakang. Realme menggantinya dengan gaya desain baru, yang akan penulis bahas nanti.

Banyak orang berpikir untuk lebih tahan gores akan melengkapinya dengan casing tambahan saja, namun kami pikir untuk membiarkan perangkat ini 'telanjang' seraya menikmati ketipisan dan warna aslinya yang keren menjadi gaya tersendiri bagi penggunanya.

Smartphone ini sendiri hadir di Indonesia dalam dua warna, Ocean Blue dan Forest Green. Kami mendapatkan unit Forest Green untuk ulasan ini.

Realme mengklaim bahwa mereka telah menambahkan lapisan anti-sidik jari di bagian belakang yang efektif untuk menjaga noda dan juga adanya desain multi-layer bisa untuk menahan percikan air, Realme 5i dapat menahan kelembaban dalam kehidupan sehari-hari seperti hujan, percikan air, dan percikan cairan lainnya.

Perbedaan selanjutnya juga terdapat di bagian belakang yang kini tak lagi mengusung konsep potongan berlian sebagai gantinya ada garis bergelombang yang sangat halus timbul pada panel dengan kemilau yang cukup untuk memantulkan cahaya dan menciptakan pola seperti sinar matahari, yang merupakan asal mula nama 'Sunrise Design'.

Bagian belakang bertekstur menjaga noda dan juga menawarkan cengkeraman yang baik, jauh berbeda dari finishing mengkilap pada Realme 5.

Di bagian belakang, Anda akan menemukan pengaturan quad-camera di sudut kiri atas, pemindai sidik jari melingkar ke tengah dan branding Realme di sudut kiri bawah. Bobotnya mencapai 195 gram.

Berat? Relatif. Tapi ini membuatnya terasa makin solid dalam kepalan tangan.

Tombol naik-turun volume bersama triple slot (2 SIM + microSD) dapat Anda akses pada bagian kiri dan tombol daya ada di samping kanannya. Untuk tepi bawah memiliki jack audio 3,5 mm, port micro-USB, dan grill loudspeaker.

Untuk video unboxing-nya bisa disimak di bawah ini:



Layar dan Sistem Operasi

Di bagian depan, Realme 5i memiliki bentang layar 6,52 inci dengan resolusi layar HD+. Ada lapisan Corning Gorilla Glass 3 untuk perlindungan terhadap goresan.

Sementara notch berdesain tetesan air dan dagu tebal tetap sama dengan Realme 5. Pihak Realme mengklaim bahwa notch sebenarnya 39 persen lebih kecil dibandingkan Realme 3.

Kami pun menemukan kecerahan, warna, dan sudut pandang yang bagus, sama seperti ponsel Realme 5 sebelumnya.

Realme 5i masih menggunakan sistem operasi yang sama dengan Realme 5s atau seri perangkat sebelumnya yaitu Android 9.0 Pie dengan modifikasi antarmuka ColorOS 6.1.

Antarmuka ini sangat segar, membuat perbedaan dengan merek smartphone lain.

Tak banyak aplikasi bawaan yang disertakan dalam Realme 5i. Hanya terdapat aplikasi bawaan Google, Facebook dan lainnya.

Jumlah warna penetrasi ColorOS 6.1 yang tepat dapat meningkatkan kualitas visual keseluruhan agar lebih menarik.

Realme 5i menyajikan beragam fitur andalan seperti dark mode, game space, Manajemen hotspot, fingerprint dan fitur menarik lainnya.

Kamera

Realme 5i menampilkan pengaturan quad-camera di bagian belakang, mirip dengan realme 5. Smartphone anyar ini memiliki sensor primer 12 megapiksel, kamera sudut lebar 8 megapiksel, kamera makro 2 megapiksel, dan 2 megapiksel sensor kedalaman.

Sensor utama memiliki piksel 1,25-mikron dan bukaan f / 1.8. Kamera sudut lebar memiliki bukaan f / 2.25, sementara sensor makro dan kedalaman memiliki bukaan f / 2.4.

Untuk selfie, ponsel ini memiliki kamera depan 8 megapiksel dengan aperture f / 2.0.

Yang membuatnya punya poin lebih disini adalah dari fitur ultra-wide yang menghadirkan pengalaman mengambil gambar baru dengan berbagai fungsi yang lebih luas.

Selebihnya menu kamera utama Realme 5i masih sama dari apa yang kita temui di Realme 5s masih cukup simpel. Tersaji mode Beauty, HDR, Portrait, Time Lapse, Slo-mo, dan Expert.

Beragam filter menarik juga disajikan di menu kamera utama maupun selfie seperti Mode Chroma Boost, Mode Super Nightscape 2.0 dan teknologi AI pada kamera utama dan selfie seperti yang disematkan pada kamera ponsel Realme lainnya kembali hadir di Realme 5i.

Kamera utama dan selfie realme 5i sudah didukung teknologi AI. Dukungan teknologi AI, membuat Realme 5i mampu mengenali objek seperti tanaman, makanan dan lainnya.

Saat pengujian, Realme 5i cepat untuk mengunci fokus saat memotret. Di siang hari, Realme 5i mengukur cahaya dengan benar dan foto memiliki rentang dinamis yang layak.

Foto yang kami ambil memiliki tingkat detail yang baik, yang terbukti bahkan setelah diperbesar. Kamera sudut lebar menawarkan bidang pandang yang lebih luas tetapi tidak memberikan tingkat detail yang sama.

Tepi bingkai tampak agak terentang. Untuk close-up, Realme 5i mengelola detail yang bagus dan hasilnya bagus untuk smartphone seharga di bawah Rp2 juta seperti ini.

Untuk performa saat kondisi minim cahaya, hasil foto cukup baik. Namun, noise masih banyak terlihat. Mungkin Anda bisa menggunakan LED Flash ketika selfie di malam hari ataupun kondisi minim cahaya.

Untuk rekaman video tetap dibubuhi mode video, time-lapse dan slow-mo. Maksimal output beresolusi 4K untuk kamera utama, tetapi fitur stabilisasi hanya tersedia saat memotret pada 1080p.

Kamera sudut lebar juga memiliki stabilisasi, tetapi efek kilau ringan terlihat pada output. Selain itu Mode 1x zoom dan 2x zoom juga dapat digunakan untuk merekam video.

Berikut hasil tangkapan kamera Realme 5i:

AI Camera (Auto):

Perbandingan Mode Lensa Normal dengan mode ultra-wide (lensa lebar):

Nightscape (low light):

Makro:

HDR:

Kamera depan:

Performa:

Dapur pacunya, Realme 5i diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 665 dengan prosesor Octa-core dan GPU Cortex A73.

Penyimpanannya ditunjang RAM 4GB dengan memori internal 64GB dan memori eksternal hingga 256GB.

Untuk menguji performanya, kami mencoba tes benchmark, bermain game dan mendengarkan musik.

Tes benchmark, kami menggunakan aplikasi AnTuTu, 3DMark, PCMark dan Geekbench. Dari serangkaian tes benchmark yang dilakukan, Realme 5i sanggup melaluinya dengan baik.

Di AnTuTu, Realme 5i meraih skor 173479 dengan menduduki peringkat ke-66. Untuk PCMark, Realme 5i menorehkan skor 7784.

Realme 5i mendapatkan skor 1164 setelah menjalani tes 3DMark. Selanjutnya tes Geekbench, Realme 5i meraih skor 1378 untuk Multi-Core dan 313 untuk Single-Core.

Kami juga mencoba bermain game PUBG, COD Mobile, Saint Seiya, AOV, Marvel Super War dan Asphalt 9. Hampir semua game yang dimainkan memiliki kualitas grafis yang tajam. Hasilnya, semua game sanggup dilibas habis oleh realme 5i.

Dalam catatan ketika bermain game COD Mobile, AOV dan Marvel Super War, penulis menggunakan pengaturan default, hasilnya cukup lancar dan tidak ada lag.

Selanjutnya, kami melakukan tes audio dengan menonton video di YouTube dan mendengarkan musik.

Suara yang dihasilkan cukup jernih. Terlebih dengan dukungan fitur Real Sound Technology membuat kualitas suara makin jernih.

Fitur ini dapat diaktifkan ketika menggunakan earphone saat mendengarkan musik. Ditambah dengan earphone TWS realme Buds Air yang punya fitur low latensi rasanya bakal makin lengkap dan nikmat bermain game.

Di balik bodi setebal 8,95mm, Realme 5i bisa juga menjadi power bank, karena baterai 5.000mAh-nya sudah mendukung pengisian daya (kabel) terbalik dengan charger 10W standar.

Realme 5i sanggup bertahan hingga seharian penuh dalam penggunaan harian seperti telepon, sosial media, pesan instan dan lainnya.

Ketika digunakan untuk browsing internet, ponsel ini sanggup bertahan hingga 17 jam. Saat bermain game terus-menerus, ponsel ini bisa bertahan hingga 7 jam.

Dalam pengujian baterai benchmark PC Mark skor yang dihasilkan 19 Jam 23 Menit.

Dukungan fitur Screen Battery Optimization Mode dapat menghemat daya Realme 5i. Screen Battery Optimization Mode menyediakan Mode Seimbang dan Mode Efisiensi Energi Tinggi untuk memperpanjang masa pakai baterai masing-masing sebesar 5 persen dan 10 persen.

Proses pengisian daya Realme 5i tidak cepat tapi juga tidak lambat ponsel ini hanya membutuhkan waktu 80 menit dalam kondisi dibawah 20 persen hingga 100 persen. Hanya dalam 60 menit menit daya ponsel ini dapat terisi hingga 50 persen.

Infografis

Realme-5i-sunrise

Kesimpulan

Bermain di range segmen menengah kebawah sangatlah 'sadis', dalam arti walau peminatnya sangat besar, tetapi brand dan tipe smartphone yang bertarung di segmen ini juga sangat banyak.

Berbeda dengan pendekatan banyak brand yang biasanya mementingkan dapur pacu yang tercepat yang bisa diberikan di segmen ini, Realme berangkat dengan pendekatan lain, dari apa yang dibutuhkan konsumen di pasar negara tersebut di segmen ini.

Realme 5i yang dibuat realme dengan strategi meriset kebutuhan pasar sesuai target apa yang dibutuhkan konsumen sepertinya akan menuai hasil yang baik seperti pendahulunya yang terjual laris.

Perpaduan manajemen daya yang mumpuni, antara SoC hemat daya dengan baterai berkapasitas yang sangat besar, quad camera dengan lensa ultra wide, desain bodi belakang yang berbeda plus ditunjang dengan harga yang terjangkau, membuat smartphone ini akan banyak disukai dan pastinya segera sold out dalam penjualannya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA