Cara Bersihkan Kabin Mobil yang Terendam Banjir

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 18 Januari 2020
share
 

BENCANA banjir di awal tahun 2020 menjadi pembuka tahun yang cukup mengagetkan warga Jakarta dan sekitarnya. Tidak hanya merendam rumah dan bangunan tapi juga mobil yang jadi korban.

Bagi pemilik mobil yang terendam banjir, tidak hanya mesin kendaraan yang menjadi perhatian, tetapi juga bagian interior atau kabin yang harus segera dibersihkan.

Apabila tidak cepat dibersihkan, bekas air dan lumpur banjir dapat membuat karpet mobil mengeluarkan aroma tak sedap dan parahnya lagi bisa membuat munculnya karat di bagian bawah mobil.

Berikut cara membersihkan kabin mobil setelah terendam banjir, seperti dikutip dari lama resmi Mitsubishi Motors Indonesia.

Pertama, pastikan bagian kabin sudah kering, tidak ada lagi air yang menggenang di dalam kabin mobil.

Berikutnya, segera lepas semua karpet mobil dan bersihkan karpet dasar menggunakan air bertekanan dan sabun. Kemudian keringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.

Begitu juga untuk jok mobil, agar lebih mudah pengeringannya akan lebih baik dilepas dari kabin mobil.

Pasalnya bahan jok mobil cenderung mudah menyerap air sehingga tidak cukup hanya dikeringkan dengan hairdryer, karena nantinya masih akan terasa lembab di bagian dalamnya.

Baca juga: Mitsubishi Beri Kemudahan Perbaikan Mobil Pasca Banjir

Jika menggunakan kain pelapis jok juga perlu dilepas dan dicuci supaya bersih dan wangi.

Selain karpet dan jok, lepaskan juga doortrim pintu untuk memastikan agar semua bagian di baliknya dapat dibersihkan dengan maksimal.

Pintu mungkin relatif mudah dibersihkan karena tidak banyak menyerap air.

Harus dipastikan, dalam membersihkan kabin mobil dengan cara ini, Anda juga dituntut untuk dapat melakukan pemasangannya kembali. Pastikan juga semua kabel-kabel sudah kering dan kembali berada di posisinya semula.

Setelah melakukan pembersihan pribadi, sangat direkomendasikan untuk langsung membawa kendaraan ke bengkel resmi untuk dilakukan pembersihan dan juga pengecekan secara lebih detil.

Bagi para pemilik kendaraan Mitsubishi, dapat langsung menghubungi call center Mitsubishi Motors di nomor 0804-1-300-300 untuk mendapatkan layanan khusus Mitsubishi Family yang terdampak banjir wilayah Jabodetabek.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA