WhatsApp Sempat Alami Masalah pada Server

IN
Oleh inilahcom
Senin 20 Januari 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Aplikasi pesan instan WhatsApp dilaporkan bermasalah pada Minggu sore (19/1/2020).

Dalam laman downdetector.com, jumlah laporan mengenai masalah pada WhatsApp meningkat tajam pada pukul 18.00 WIB.

Dari laman tersebut juga terlihat bahwa masalah pada WhatsApp terjadi tidak hanya di Indonesia, khususnya Jakarta, namun juga di Malaysia, sebagian kecil wilayah India, serta sebagian besar wilayah Jerman dan Inggris.

Sebagian besar masalah yang dilaporkan mengenai pengiriman atau penerimaan pesan (69 persen) dan koneksi (29 persen).

Sementara itu, pemantau dan pelacak layanan online di dunia, Outage.Report mengaku telah menerima 2.257 laporan mengenai masalah yang dialami WhatsApp.

Ribuan keluhan itu datang dari pengguna WhatsApp di seluruh dunia, di antaranya dari India, Inggris, Prancis, Singapura, Malaysia, dan 102 negara lainnya.

Outage merinci, dalam 20 menit terakhir mereka menerima 399 laporan, dengan 77 persen di antaranya mengenai masalah pengiriman pesan, 8 persen tak bisa menggunakan WhatsApp, 7 persen aplikasi mobile tak bekerja, dan 5 persen masalah seputar membaca pesan.

Seperti halnya di Indonesia, pengguna WhatsApp di Taiwan juga tidak bisa mengirimkan pesan media, dan pengguna di Uni Emirat Arab tidak bisa mengirim atau mengunduh gambar sejak pukul 16.15 waktu setempat.

Pengguna di AS juga mengeluh tidak bisa berkirim media di perpesanan WhatsApp.

Untuk di Indonesia, WhatsApp terpantau kembali normal pada Minggu malam. Sekitar pukul 21.00 WIB, WhatsApp kembali dapat digunakan untuk berkirim media, seperti foto, video voice note, GIF dan stiker.

Laman downdetector.com juga mencatat penurunan laporan mengenai gangguan WhatsApp, yakni sebanyak 46 laporan pada pukul 21.11 WIB, yang sebelumnya mencapai puncak sebanyak 615 laporan pada pukul 20.11 WIB.

Sementara itu, akun Twitter WABetaInfo menyebutkan bahwa WhatsApp mengalami gangguan dikarenakan masalah server.

"WhatsApp sedang memulihkan layanan. Masalah server harusnya sudah diperbaiki sekarang," cuit @WABetaInfo.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA