Panasonic Terus Perkuat Kompetensi Teknisi AC

IN
Oleh Ibnu Naufal
Jumat 24 Januari 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Semakin banyaknya kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk Air Conditioner (AC) membuat jasa teknisi AC professional yang semakin dibutuhkan.

Panasonic Gobel Indonesia kembali memberi apresiasi kepada para teknisi yang telah mengikuti kegiatan Kompetisi dan Sertifikasi Instalasi, Reparasi dan Brazing AC yang diselenggarakan oleh Panasonic Air Conditioning Training Centre (PACT).

Panasonic menyerahkan sertifikat kepada 50 teknisi yang telah mengikuti kompetisi di Kantor Pusat Panasonic Gobel Indonesia, di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Kamis (23/1/2020).

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, profesionalisme serta menciptakan para teknisi pendingin ruangan (AC) di Indonesia yang mandiri dan sesuai dengan standar industri.

President Director Panasonic Gobel Indonesia Seigo Saifu mengatakan bahwa pihaknya memiliki komitmen dalam meningkatkan sumber daya manusia khususnya di bidang teknisi installer dan repair AC. Karena, menurut dia, proses instalasi merupakan salah satu proses penting yang dapat mementukan kinerja sebuah produk pendingin ruangan agar dapat berjalan dengan baik dan tahan lama.

Melalui kegiatan PACT, Panasonic berharap akan semakin banyak tersedia teknisi AC yang profesional di Indonesia.

"Tingginya kebutuhan masyarakat akan produk AC saat ini menjadi salah satu faktor berkembangnya jasa instalasi atau teknisi AC di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga mampu menciptakan lapangan kerja yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan Industri elektronik, terutama produk AC. Langkah ini juga sesuai dengan komitmen dan prinsip Panasonic yaitu 'A Better Life, A Better World'," kata Seigo.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017, Panasonic melalui PACT, telah memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada teknisi.

Sesuai dengan target yang pernah Panasonic canangkan, yaitu melakukan training ke 20.000 peserta, akan dicapai pada akhir tahun fiskal 2019. Pelatihan tersebut mencakup kurikulum yang disesuaikan dengan standar dari Panasonic serta Industri refrigerasi nasional dan internasional.

"Bahwa pada tahun ketiga penyelenggaraan Air Conditioner Technical Competition and Certification, Panasonic telah menyeleksi lebih dari 18.610 peserta training AC sepanjang tahun 2017 sampai dengan sekarang dari seluruh Indonesia," tambah Selviah Baladraf, Manager Service Department Panasonic Gobel Indonesia.

Tahun ini, Panasonic mengundang 50 peserta terbaik dari masing-masing area, kemudian menjadi peserta kompetisi.

Para peserta ini dinilai oleh Asesor dan Expert yang telah disertifikasi oleh LSP EI Yayasan Matsushita Gobel di bawah pengawasan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

"Seluruh peserta yang terpilih akan mendapatkan sertifikat kompetensi profesi bagi tenaga kerja yang dikeluarkan BNSP dan bagi pemenang kompetisi ini akan mendapatkan hadiah uangdan peralatan Instalasi, Repair dan Pengelasan (Brazing) yang akan membantu aktifitas mereka, tutup Selviah.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA