BlibliMart, Toko Tanpa Kasir dan Uang Tunai

IN
Oleh inilahcom
Rabu 29 Januari 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Platform belanja online Blibli.com membuka gerai fisik pertama mereka, BlibliMart, yang mengambil konsep toko tanpa kasir dan tanpa uang tunai.

"Proyek perdana toko offline BlibliMart merupakan perwujudan konsep omnichannel Blibli.com," kata Fransisca Krisantia Nugraha, Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com, di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

BlibliMart berupa minimarket yang menjual kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, minuman, dan beberapa kebutuhan seperti tisu dan makanan ringan. Untuk berbelanja di toko tersebut, pengguna harus memiliki aplikasi Blibli.com.

Gerai ini didukung teknologi 'Scan and Go', pengguna bisa memindai barcode yang ada di kemasan produk dengan aplikasi Blibli.com. Setelah selesai berbelanja, Blibli.com menyediakan opsi pembayaran dengan BliPay dan GoPay, tidak ada pembayaran secara tunai di toko tersebut.

Blibli.com sudah menguji coba gerai BlibliMart di Gedung Sarana Jaya, Jakarta Pusat, sejak November lalu, namun, masih untuk kalangan terbatas. Setiap harinya, BlibliMart menjual sekitar 1.000 produk yang masuk kategori fast moving consumer goods.

Meski berencana memperluas jangkauan BlibliMart, namun Blibli.com belum mau memaparkan rencana mereka untuk membuka gerai fisik di lokasi lain, termasuk apakah BlibliMart akan dibuka di luar Jakarta.

Sebelum membuka BlibliMart, Blibli.com sejak beberapa tahun belakangan gencar membuka layanan omnichannel, dengan Click and Collect dan Blibli Instore.

Untuk Click and Collect, Blibli.com bekerja sama dengan Alfamart. Pengguna bisa berbelanja melalui aplikasi dan mengambil barang di gerai Alfamart terdekat dari lokasi.

Sementara untuk Blibli Instore, Blibli.com juga mengadakan pengalaman berbelanja online saat sedang berada di toko. Konsep yang diusung dalam Blibli Instore berbeda dengan BlibliMart. Apabila BlibliMart merupakan berbelanja online di toko yang memang dibuka oleh Blibli.com, maka Blibli Instore adalah pilihan pembayaran di toko yang bekerja sama dengan Blibli.com.

Blibli Instore umumnya untuk produk-produk yang dirasa butuh dilihat langsung oleh konsumen, kebanyakan berupa gerai barang elektronik dan furnitur.

Setelah melihat contoh barang, pengguna bisa berbelanja melalui tablet yang disediakan di toko untuk mengakses aplikasi Blibli.com dan memilih metode pembayaran yang diinginkan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA