Mitsubishi Eclipse Cross Bukan Sekadar SUV Biasa

IN
Oleh inilahcom
Minggu 09 Februari 2020
share
 

MITSUBISHI Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah resmi meluncurkan SUV terbarunya yaitu Eclipse Cross di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

SUV terbaru Mitsubishi ini mengusung banyak fitur dan teknologi yang canggih.

Eclipse Cross mengusung konsep 'Built to Impress', sehingga mulai dari tampilannya yang stylish hingga fitur-fiturnya mampu memukau calon konsumen.

Mobil ini hadir dengan indah memadukan garis-garis yang tajam dan stylish, serta SUV dengan gaya dan performa khas Mitsubishi.

Baca juga: Beragam Fitur Canggih dalam Sebuah SUV Modern

Eclipse Cross pertama kali diperkenalkan secara global pada ajang Geneva Motor Show Maret 2017. Sedangkan untuk pasar Indonesia mulai dipasarkan pada September 2019.

Nama Eclipse berasal dari model coupe khusus Mitsubishi Motors yang dijual di AS mulai tahun 1989, sementara Cross adalah kependekan dari crossover.

Hal pertama yang membuatnya memukau tentu desain stylish dan dinamis. Dengan desain muka Dynamic Shield yang merupakan DNA Mitsubishi Motors.

Eclipse Cross semakin menarik dengan desain Tailgate Window yang hadir dengan gaya coupe. Menjadikan kaca belakang seperti terbagi dua dirancang khusus tanpa mengurangi visibilitas pengendara.

Kemudian senjata utamanya ada di balik kap mesin. Eclipse Cross menggunakan mesin bensin 1.5L yang dilengkapi dengan Turbocharged.

Ya, dengan bodi yang cukup kompak membuat Eclipse Cross lebih bertenaga pada RPM rendah-menengah. Selain itu, mesin MIVEC 1.5L turbo ini merupakan mesin baru yang dikembangkan oleh Mitsubishi Motors.

Untuk menggerakkan roda, Mitsubishi memadukannya dengan transmisi CVT 8-speed pertama yang ada di mobil Mitsubishi.

Transmisi INVECS-III CVT ini mendukung efisiensi bahan bakar dan akselerasi terasa lebih nyaman.

Dua fitur di atas merupakan salah satu keunggulan dari Eclipse Cross yang juga diakui oleh Rifat Sungkar. Pembalap nasional yang juga Brand Ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia ini pun menjabarkan keunggulan SUV terbaru Mitsubishi ini.

Menurut dia, Mitsubishi Eclipse Cross menyuguhkan sensasi berkendara yang berbeda.

"Mitsubishi Family harus merasakan performa dari Eclipse Cross. Karena SUV yang dilengkapi dengan mesin 1.5 liter turbo ini merupakan mesin baru yang dikembangkan oleh Mitsubishi Motors," ujar Rifat.

Selain itu, dia juga menjelaskan jika Eclipse Cross ini sudah dilengkapi juga dengan transmisi terbaru yang hanya ada di mobil ini, yaitu transmisi CVT 8-speed dengan Sport Mode.

"Ini adalah transmisi terbaru yang baru ada di Eclipse Cross. Transmisi ini meyuguhkan pengendaraan yang sangat halus, tapi juga bisa agresif berkat fitur Sport Mode," tambah Rifat.

Fitur keamanan yang dibenamkan pada Mitsubishi Eclipse Cross juga tidak main-main. Seperti adanya 7 SRS Airbags kemudian fitur Forward Collision Mitigation System (FCM). Ultrasonic mis-acceleration Mitigation, System (UMS), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Warning (BSW), dan Lane Change Assist (LCA).

Baca juga: Mitsubishi Ajak Jurnalis Berpetualang di Lombok

Di dalam kabin pun, Mitsubishi Motors menghadirkan teknologi yang terkini. Tersedia Power Panoramic Sunroof di bagian depan dan belakang.

Masing-masing shade dari sunroof dapat dioperasikan secara terpisah sehingga pengendara dan penumpang dapat menikmati masuknya sinar matahari yang menyegarkan.

Bagi pengemudi, agar dapat lebih merasakan sensasi berkendara yang menyenangkan Mitsubishi Motors menyematkan teknologi Head Up Display.

Layar transparan ini mampu menampilkan informasi kecepatan, RPM, serta advance feature lain jika diaktifkan.

Selain itu fitur multimedia terbaru juga sudah dilengkapi dengan fitur Touchpad Controller.

Artinya pengendara semakin mudah untuk mengatur Smartphone-Link Display Audio hanya dengan sentuhan jari pada Touchpad yang terletak di samping tuas transmisi.

Baca juga: Petualangan Seru Mitsubishi di Kaki Gunung Rinjani

Dengan segala fitur canggih tersebut, Eclipse Cross memiliki sistem keamanan yang baik.

Terbukti dengan diraihnya Bintang 5 (lima) dari ASEAN NCAP pada tahun 2018 dengan total skor 91,05 poin.

Dalam kategori Perlindungan Orang Dewasa (Adult Occupant Protection), model ini mencetak 48,81 poin, pada kategori Perlindungan Penghuni Anak (Child Occupant Protection) mencetak 22,11 poin, dan meraih 20,14 poin pada kategori Safety Assist Technologies.

[ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA