Wabah Virus Corona

Samsung Kurangi Perwakilannya di MWC 2020

IN
Oleh inilahcom
Senin 10 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, San Francisco - Samsung dikabarkan akan mengurangi jumlah perwakilannya yang hadir di ajang Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona, Spanyol, yang akan berlangsung pada pekan terakhir bulan ini, karena kekhawatiran virus corona.

Menurut sumber yang mengetahui rencana Samsung, seperti dilansir CNET, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu membatasi jumlah eksekutif perusahaan untuk menghadiri MWC 2020.

Samsung masih tetap pada rencana untuk menghadirkan stan dalam pameran tersebut, namun kemungkinan tak ada kesepakatan yang biasanya terjadi antara eksekutif perusahaan di belakang layar pameran tahunan yang menarik lebih dari 100.000 orang itu.

Samsung bukan satu-satunya perusahaan yang mempertimbangkan kembali keberadaannya di MWC, perusahaan teknologi asal Korea Selatan lainnya, LG, bahkan memutuskan untuk absen di MWC 2020.

LG, pada pekan lalu, mengumumkan untuk 'menarik diri dari pameran dan partisipasi' di MWC 2020. LG mengatakan bahwa keputusan tersebut dalam rangka mencegah 'ratusan karyawan LG dalam perjalanan internasional' di tengah kekhawatiran virus corona.

Sebagai gantinya, untuk mengumumkan jajaran produk smartphone yang akan datang, LG mengatakan akan mengadakan acara lain dalam waktu dekat.

MWC biasanya menjadi panggung bagi LG untuk meluncurkan lini andalannya, yang dikenal sebagai G-series, dan juga beberapa perangkat menengah. Dengan demikian, penerus LG G8 ThinQ diharapkan untuk debut di acara itu.

Sementara itu, Samsung beberapa tahun terakhir lebih memilih untuk menggelar acara 'Unpacked' sendiri di AS, beberapa hari sebelum MWC digelar. Tahun ini, Samsung akan mengumumkan smartphone terbarunya, yakni lini Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip, pada Selasa (11/2/2020), di San Francisco, California, AS.

Selain LG, raksasa prosesor desain grafis, Nvidia, dan perusahaan telekomunikasi asal Swedia, Ericsson, mengumumkan bahwa mereka tidak akan menghadiri MWC 2020 dikarenakan virus corona.

Sementara itu, Huawei dan OPPO berencana untuk mengkarantina eksekutif mereka selama 14 hari sebelum MWC dimulai. OPPO juga akan memeriksa suhu setiap orang yang menghadiri acara-acaranya.

Perusahaan lain juga mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah risiko bagi karyawan dan peserta, seperti menerapkan prosedur kesehatan dan sanitasi yang ketat.

Wabah virus corona diperkirakan akan memengaruhi jumlah peserta yang berpartisipasi dalam MWC 2020.

"Menurut perkiraaan saya, jumlah orang yang hadir akan turun secara drastis tahun ini," kata analis IDC, Francisco Jeronimo.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA