Vendor Smartphone Besutan 'Bapak Android' Tutup

IK
Oleh ikhsan
Senin 17 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, Palo Alto - Cukup lama tak ada kabar, Essential akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan mengundurkan diri dari industri smartphone.

Pengumuman itu disampaikan oleh pihak Essential melalui keterangan tertulis di situs resmi mereka.

"Kami telah mengambil keputusan sulit untuk menghentikan kegiatan operasional dan menutup Essental," demikian bunyi keterangan tersebut.

Essential adalah perusahaan besutan Andy Rubin, mantan pemimpin divisi Android di Google yang sering dijuluki 'Bapak Android'.

Alasan penutupan disebut terkait dengan Project GEM, yakni smartphone dengan bentuk memanjang mirip remote control TV yang rencananya akan dirilis Essential.

Diumumkan pada Oktober 2019, Project GEM tadinya akan menjadi produk smartphone kedua dari Essential, tapi pengembangan proyek itu tampaknya tersendat.

"Meskipun telah melakukan upaya terbaik kami untuk mengembangkan Project GEM sejauh mungkin, kami tidak melihat ada peluang untuk merilisnya ke konsumen," lanjut Essential di situs mereka.

Essential sebenarnya sudah mengalami kesulitan sejak lama. Produk perdana mereka, Essential Phone PH-1, sempat terkendala masalah produksi sehingga rilisnya ke pasaran tertunda.

Ketika sudah beredar di pasaran pun, Essential Phone PH-1 ternyata tidak diminati konsumen.

Dengan ditutupnya Essential, dukungan untuk smartphone itu pun turut dihentikan. Pembaruan keamanan yang digulirkan pada 3 Februari lalu menjadi yang terakhir.

Setelahnya tak akan ada lagi bentuk pembaruan atau dukungan apapun terhadap pemilik Essential Phone PH-1.

Newton Mail yang diakuisisi Essential dari CloudMagic juga dilaporkan ikut tutup. Para penggunanya tidak akan bisa lagi mengakses aplikasi layanan email itu setelah 30 April 2020.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA