Review Realme C3: Performa Gegas dan Memuaskan

IN
Oleh Ibnu Naufal
Rabu 19 Februari 2020
share
(inilahcom/ibnu)

REALME siap memperkenalkan smartphone entry-level-nya, Realme C3, di Indonesia, pada hari ini, Rabu (19/2/2020). Lineup C adalah seri yang paling terjangkau dari semua ponsel Realme, dan perusahaan mengklaim telah membuat total penjualan 10 juta untuk smartphone Realme C1 dan Realme C2 sebelumnya.

Sejumlah peningkatan pertama yang diberdayakan adalah prosesor MediaTek Helio G70 yang baru. Fitur utama lainnya termasuk tiga kamera,baterai besar, dan banyak lagi.

Tetapi apakah semua ini menjadikannya smartphone terbaik di kelasnya? Untuk itu INILAHCOM sudah melakukan pengujian selama sepekan bersama ponsel ini. Mari simak ulasan review-nya berikut ini.

Desain

Realme C3 mengadopsi desain 'Sunrise' baru yang pertama kali diperkenalkan pada realme 5i. C3 hadir dalam dua pilihan warna - Blazing Red dan Frozen Blue, dan INILAHCOM mendapat varian warna Frozen Blue yang terlihat memukau dalam warna itu.

Ketika dipegang dengan cahaya terang di siang hari, bagian kiri atas di panel belakang menghasilkan semacam pola sinar matahari yang bagus dan terlihat menakjubkan bisa dilihat pada gambar di atas.

Realme memilih untuk menyediakan port microUSB untuk yang satu ini. Ini membuat ponsel tidak ada peningkatan dibanding pendahulunya.

Sebagai perbandingan, Redmi 8 dan Redmi 8A keduanya telah ditingkatkan ke port Type-C yang lebih baru. Ponsel ini masih memiliki jack headphone 3.5mm.

Urusan layar HD + 6,5 inci dengan rasio aspek 20: 9 tinggi. Menurut penulis ini adalah rasio aspek terbaik di mana Anda dapat melihat konten, apakah itu di Netflix, YouTube atau di mana pun. Tampilan yang satu ini berkinerja baik di dalam ruangan.

Realme C3 memamerkan layar drop HD+ mini 6,52 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel dan rasio layar-ke-tubuh 89,8 persen. Ini adalah panel 2.5D dengan 269 PPI dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Mini drop notch mirip dengan smartphone Realme lainnya yang telah diluncurkan baru-baru ini, Realme 5s dan Realme 5i.

Datang ke kualitas tampilan, ini adalah panel HD+ yang sama yang digunakan dalam Realme 5s dan Realme 5i dan kualitas panel cukup baik.

Warna-warna cerah dengan jumlah ketajaman yang layak dan Anda dapat menyesuaikan suhu warna dengan tiga opsi - Cool, Default, dan Warm yang disediakan di bawah Pengaturan.

Warnanya sedikit lebih baik dibandingkan dengan Realme 5i tetapi bukan tampilan paling tajam yang kami lihat di segmen ini. Karena itu, kecerahan puncak tampaknya berada di sisi yang lebih rendah dibandingkan dengan Realme 5s dan Realme 5i.

Sistem Operasi

Realme C3 adalah smartphone pertama yang datang dengan Realme UI v1.0 yang telah diinstal sebelumnya dengan patch keamanan Desember 2019 dan yang terbaik adalah, ini sudah berjalan pada Android 10.

Realme UI berada di atas Color OS 7, tetapi merupakan keberangkatan utama dalam hal desain dari Color OS 6 dan dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang dirubah, gaya ikon yang dapat disesuaikan, wallpaper animasi, koneksi dua earphone, perlindungan informasi pribadi, mode fokus, sistem Mode gelap -lebar, perekaman layar dengan perekaman audio internal, sidebar pintar, kalkulator mengambang, efek lampu layar, dan banyak lagi.

Kembali pada bulan Desember tahun lalu, Realme mengumumkan akan menampilkan 'rekomendasi konten' kepada pengguna realme atau dengan kata lain iklan di bagian UI tertentu.

Pada Realme C3, kami menjumpai iklan di toko tema dan halaman Pemeriksaan Keamanan ketika aplikasi baru dipasang dari Play Store. Iklan tidak mengganggu dan untungnya, pengguna dapat memilih untuk mematikannya dengan pergi ke Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Dapatkan Saran > Matikan.

Tidak seperti Color OS 6, Realme UI pada Realme C3 tidak datang dengan banyak bloatware yang merupakan perubahan yang disambut baik.

Untuk urusan streaming video, ia tidak memiliki sertifikasi Widevine L1 dan ini berarti Anda tidak dapat menikmati konten HD di NetFlix dan Amazon Prime. Dan untuk penguncian wajah, kami uji cukup cepat dan berfungsi seperti yang diharapkan.

Kamera

Satu yang berbeda dengan pasar India, Realme C3 di Indonesia menampilkan pengaturan triple-kamera ke belakang dan merupakan kombinasi 12MP (primer dengan bukaan f / 1.8) + 2MP (sensor kedalaman dengan bukaan f / 2.4) + 2MP (sensor kedalaam dengan bukaan f/ 2.4).

Kamera utama memiliki sensor 1/2-inci dengan ukuran piksel 1,12m dan kamera kedua memiliki sensor 1/5-inci dengan ukuran piksel 1,75m. Kamera depan hadir dengan resolusi 5MP dengan aperture f / 2.4.

Aplikasi kamera stok menawarkan mode seperti Time-Lapse, Slo-Mo, Pro, Panorama, dan memiliki pengenalan adegan AI, Filter, Chroma Boost, Beautify, HDR, dll.

Datang ke kualitas gambar, di siang hari dan kondisi pencahayaan alami, foto-foto keluar cukup baik dengan jumlah detail yang layak. Warnanya cerah dan jangkauan dinamis juga bagus.

Mode HDR cukup agresif dan dorongan kroma cenderung sedikit melebihi saturasi warna. Mode potret berfungsi seperti yang diharapkan dan deteksi tepi juga cukup bagus.

Gambar yang diambil dalam pencahayaan buatan dan kondisi pencahayaan rendah tidak terlalu bagus dan noise merayap masuk.

Dalam hal video, dapat memotret hingga 1080p pada 30 fps, video gerak lambat dalam 480p pada 30 fps, dan kualitas dari rekaman cukup baik. Swafoto dari kamera 5MP depan benar-benar di atas rata-rata.

Untungnya, ada dukungan penuh untuk Camera2API termasuk dukungan RAW, tetapi harus dilihat apakah port Google Camera yang berfungsi akan dirilis oleh pengembang.

Secara keseluruhan, ini adalah pengaturan kamera rata-rata dan ini bukan kamera terbaik yang kami lihat di segmen harga ini.

Ada banyak ruang untuk perbaikan, dan kami berharap, penerus C3 akan mengemas optik yang lebih baik.

Lihat contoh kamera di bawah ini

Hasil kamera belakang:

Kamera Depan:

Performa

MediaTek G70 dipercaya untuk menjadi otak penggerak di Realme C3. Ditambah pilihan kapasitas memori hingga 3GB+32GB dan chip delapan inti yang termasuk mumpuni di kelasnya. Apalagi kecepatan clock-nya mencapai 2.0GHz.

Namun, performa pada smartphone Rp1 jutaan bukanlah segalanya. Pun demikian, chipset tersebut sangat efisien karena dibangun menggunakan arsitektur 12nm.

Performa yang mumpuni di kelasnya itu diseimbangkan dengan penggunakan daya baterai yang hemat. Suatu kombinasi yang baik bagi pengguna kelas pemula, atau yang baru hijrah dari feature phone.

Dalam praktiknya, kami menguji Realme C3 dengan aplikasi kasual yang digunakan sehari-hari dan juga aplikasi benchmark Antutu, dan kami tidak menemukan kelambatan atau apa pun.

Aplikasi cepat memuat dan merespons, dan kali ini, kinerja dengan aplikasi kasual jauh lebih baik daripada Realme 5s dan Realme 5i yang ditenagai oleh platform mobile Qualcomm Snapdragon 665.

Untuk urusan kinerja gaming, kami menguji Realme C3 dengan game kasual seperti Alto's Odyssey, Crossy Road dan juga diuji dengan game grafis intensif seperti PUBG Mobile, Call of Duty, Asphalt 9 Legends, dll.

Game kasual berjalan baik tanpa masalah dan C3 menanganinya dengan mudah. Dengan PUBG Mobile pada realme C3, ini berjalan dalam grafik HD secara default, dan gameplaynya juga cukup lancar.

Demikian pula, dengan Call of Duty dan Asphalt 9 Legends, pemutaran game untuk sebagian besar cukup lancar dan mulus tanpa masalah berarti. Kualitas loudspeaker juga bagus dan output suara keras dan jelas.

Secara keseluruhan, jika Anda bertanya kepada saya, saat menulis artikel ini, Realme C3 adalah smartphone gaming terbaik di kelasnya. Karena itu, Redmi juga datang dengan smartphone baru (bisa saja Redmi 9A) dan diharapkan akan ditenagai oleh chipset Helio G70 / Helio G80 juga, dan bisa menjadi pesaing ke Realme C3.

Baterai

Seperti yang sudah disinggung di atas, chipset yang digunakan Realme C3 tergolong hemat daya. Oleh karena itu dengan kapasitas baterai 5.000mAh, maka bisa menghidupi smartphone selama seharian.

Dalam hal daya tahan baterai, Realme C3 dapat bertahan satu setengah hari dengan mudah dengan penggunaan biasa dan dengan penggunaan sedang hingga berat, dapat bertahan sekitar 18-19 jam dengan sekali pengisian daya.

Muncul dengan charger 10W dan membutuhkan waktu lebih dari 3 jam untuk mengisi daya dari 0 hingga 100 persen melalui port micro USB.

Spesifikasi

Spesifikasi

Realme C3

Dimensi Bodi

164.4 x 75 x 9 mm

Layar

6.5-inch, resolusi HD+ (720x1600), IPS

Kamera Depan

5 MP, f/2.4, 27mm (wide)

Kamera Belakang

12 MP, f/1.8 + 2 MP, f/2.4+ 2 MP, f/2.4

CPU dan GPU

Mediatek Helio G70 dan Mali-G52 2EEMC2

RAM dan ROM

3 GB / 32 GB ekspansi micro SD hingga 512 GB

Kartu SIM

Dual Sim (nano)

Konektor

Micro-USB 2.0, 3,5mm audio jack

Biometrik

Pemindai sidik jari belakang Face Recognition

Baterai

5000 mAh

Warna

Biru dan Merah

Harga

Rp 1,699,000,-


Kesimpulan

Kami terkesan dengan evolusi Realme C3 yang kini tampil sama sekali baru, meski pada posisi port usb micro tidak ada perubahan namun satu hal terutama upgrade di bagian internal.

Chipset Helio G70 dari MediaTek memiliki kinerja yang luar biasa untuk ponsel sekelasnya, terutama dalam bermain game dan juga gegas dan memuaskan dalam penggunaan sehari-hari.

Desain 'Matahari Terbit' yang baru juga merupakan tambahan sambutan dan menyegarkan.

Jadi, haruskah Anda membeli Realme C3? Jika Anda ingin membeli smartphone murah dengan kinerja baik dan pengalaman bermain game yang bisa memuaskan, Realme C3 tidak akan mengecewakan Anda dan sangat kami rekomendasikan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA