Ubisoft: PS5 Bisa Mainkan Hampir Semua Game Lawas

TA
Oleh taufiqqurakhman
Rabu 19 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, London - Konsol game terbaru Sony yang bakal meluncur akhir tahun ini, PlayStation 5 (PS5), akan memiliki sebuah fitur bernama backward compatibility yang memungkinkan pengguna untuk memainkan game dari konsol PS lawas.

Fitur ini pun disebut akan menjadi nilai tambah bagi industri konsol game. Hal tersebut diutarakan Yves Guillemot, CEO Ubisoft, pengembang game kenamaan.

Dia mengatakan bahwa dengan adanya fitur tersebut, PS5 akan bisa menjalankan hampir seluruh game lawas. Fitur backward compatibility ini sejatinya tak hanya hadir pada PS5, melainkan juga konsol Xbox terbaru.

"PS5 akan dapat menjalankan hampir seluruh game pada konsol generasi sebelumnya. Ini akan menjadi terobosan baru pada industri game," kata Yves.

Meski demikian, pihak Sony belum mengonfirmasi seperti apa kemampuan dari fitur backward compatibility tersebut nantinya.

Belum diketahui apakah nantinya PS5 dapat menjalankan game dari mulai konsol PS generasi pertama, ataukah sebatas game dari konsol PS4 saja. Saat ini, tercatat ada sebanyak lebih dari 2.000 judul game yang tersedia untuk konsol PS4.

Mengutip The Sun, dengan adanya fitur backward compatibilty ini, persaingan Sony dengan Microsoft disinyalir akan semakin memanas. Pasalnya, Microsoft juga membawa teknologi yang sama pada konsol baru mereka, Xbox Series X.

Sebelumnya, Microsoft juga pernah membawa teknologi serupa pada Xbox One. Namun, hanya segelintir game lawas yang dapat dimainkan di konsol tersebut.

Kedua konsol game anyar ini dikabarkan akan meluncur pada akhir tahun 2020 dengan harga yang masih misterius. Namun Yven mengasumsikan kedua konsol ini akan dijual dengan harga yang fantastis.

"Pemain akan terkesima dengan kualitas yang dibawakan oleh konsol baru ini," papar Yven.

Untuk spesifikasi, PS5 disinyalir bakal dibekali dengan CPU Ryzen dan GPU Navi dari AMD, berikut serangkaian teknologi grafis termutakhir untuk visual lebih realistis, seperti ray tracing dan resolusi 8K.

PS5 juga akan membawa sejumlah fitur terbaru seperti controller anyar yang mengadopsi teknologi haptic feedback dan adaptive trigger yang bisa menambah pengalaman bermain game lebih realistis. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA