Google Akan Hentikan Program WiFi Gratis

IN
Oleh inilahcom
Rabu 19 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, New Delhi - Google berencana menghentikan program Google Station. Ini adalah sebuah program yang menghadirkan WiFi gratis di lebih dari 400 stasiun kereta api di India dan ribuan tempat umum lainnya di sejumlah tempat di dunia.

Mengutip TechCrunch, VP of Payments and Next Billion Users Google Caesar Sengupta mengatakan, program yang diluncurkan pada 2015 silam itu membantu jutaan pengguna menjelajahi internet, dan tidak khawatir tentang jumlah data yang mereka konsumsi.

"Namun, karena harga data seluler menjadi semakin murah di berbagai negara, termasuk India, Google Station tidak lagi diperlukan. Google pun berencana untuk menghentikan program tersebut tahun ini," kata Sengupta.

Selain itu, menurut dia, menjadi sulit bagi Google untuk menemukan model bisnis yang berkelanjutan untuk meningkatkan skala program, yang dalam beberapa tahun terakhir diperluas ke sejumlah negara, yakni Indonesia, Meksiko, Thailand, Nigeria, Filipina, Brasil, dan Vietnam, Google bahkan baru meluncurkan program tersebut di Afrika Selatan tiga bulan lalu.

Selama bertahun-tahun, Google juga mencari cara untuk menghasilkan uang dari program Google Station. Google, misalnya, mulai menampilkan iklan ketika pengguna masuk untuk terhubung ke layanan internetnya.

Google bekerja sama dengan sejumlah perusahaan untuk memungkinkan WiFi gratis bagi pengguna di tempat umum. Di India, misalnya, Google telah membangun perangkat lunak, sementara RailTel, penyedia infrastruktur telekomunikasi milik negara, memberikan saluran internet gratis.

RailTel menghadirkan wifi di lebih dari 5.600 stasiun kereta api, dan selama bertahun-tahun telah mengembangkan perangkat lunaknya sendiri.

"Kami bekerja dengan mitra kami untuk mentransisikan situs yang ada sehingga mereka dapat tetap menjadi sumber daya yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Sengupta.

Sementara itu, RailTel akan terus melayani WiFi gratis di semua stasiun kereta api yang menikmati layanan Google Station.

"Kami dengan tulus menghargai dukungan yang kami terima dari Google dalam perjalanan ini," timpal juru bicara RailTel.

Sengupta mengatakan, persyaratan teknis dan infrastruktur menjadi tantangan bagi Google Station untuk dapat berkembang.

"Dan, ketika kami mengevaluasi di mana kami benar-benar dapat membuat dampak di masa depan, kami melihat kebutuhan yang lebih besar dan peluang yang lebih besar dalam membuat produk dan fitur yang dirancang agar bekerja lebih baik untuk miliaran pengguna di pasar berikutnya," ujar dia. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA