Test Drive

Kencan Sehari dengan Si Seksi Civic Hatchback RS

IK
Oleh ikhsan
Sabtu 22 Februari 2020
share
 

AWAL Februari lalu, Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan New Honda Civic Hatchback RS. Selang beberapa hari kemudian, pihak HPM pun memberi kesempatan kepada sejumlah awak media untuk menjajal langsung performa dan fitur produk yang jadi penunjang Honda di segmen hatchback itu.

Melalui kegiatan yang dikemas dalam acara 'New Honda Civic Hatchback RS Media Test Drive' pada Rabu (19/2/2020), para awak media diberikan kesempatan untuk berkencan seharian penuh dengan mobil seksi ini dengan rute dari kawasan SCBD-Jakarta, menuju BSD City-Tangerang, dan kembali ke kawasan GBK Senayan-Jakarta.

Dengan rute yang memadukan antara jalan perkotaan dan jalan tol, otomatis New Civic Hatchback RS dapat diuji soal kelincahan dan performa akselerasinya.

New Honda Civic Hatchback RS sendiri merupakan model terbaru dari Honda Civic Hatchback yang hadir dengan tampilan semakin sporty sekaligus seksi, dengan berbagai perubahan di bagian eksterior dan interior.

Mobil ini memadukan 'heritage' dari keluarga Civic dipadu dengan karakter varian RS yang merupakan 'Global Sporty Icon' dari Honda, sehingga menghasilkan model yang semakin sporty dan stylish sesuai dengan tema 'Sexiness Intensified' yang diusungnya.

Saat menghampiri mobil ini, terlihat bahwa kini bagian eksterior New Honda Civic Hatchback RS menampilkan penambahan aero kit pada bumper depan, bumper belakang, dan Side Sill Garnish pada bagian samping.

Alloy Wheel berukuran 17 inci tampil dengan desain Two-Tone untuk semakin memperkuat kesan sporty. Sementara pada bagian belakang kini menampilkan New Rear Bumper Diffuser dan New Center Exhaust Pipe with Finisher.

Emblem RS kini juga disematkan pada bagian depan dan bagian belakang mobil.

Masuk ke dalam kabin, sambutan hangat tersaji dengan balutan kulit lembut pada jok. Bahkan saat duduk di balik kemudi, jok ini terasa empuk dan membekap badan dengan rileks hingga membuat posisi berkendara jadi ergonomis.

Nuansa sporty semakin kental di bagian interior dengan desain baru yang memadukan kulit dengan aksen jahitan merah khas mobil sport pada jok, roda kemudi, tuas transmisi, konsol tengah dan Door Lining, serta desain Sport Pedal bernuansa chrome pada tuas gas dan rem.

Sementara New Auto Dimming Rear View Mirror tersedia untuk menghindari pantulan cahaya berlebih sehingga mendukung visibilitas pengendara yang lebih baik, ditambah dengan New 7-inch Capacitive Touchscreen Display Audio with Smartphone Connection untuk iOS dan Android plus delapan buah speaker untuk memberi hiburan di sepanjang perjalanan.

Membelah padatnya lalu lintas di seputaran Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, kami tetap merasakan impresi berkendara yang menyenangkan. Saat dipacu memasuki jalan tol, penyaluran tenaga via transmisi CVT ke kedua roda depan terasa halus dan sigap di setiap putaran mesin. Tidak terasa gejala turbo lag meski beberapa kali kami terjebak kondisi jalan yang stop and go.

Menariknya lagi, saat dibawa lari hingga kecepatan 130 km/jam, handling mobil ini tetap mantap seperti versi sedannya yang sempat kami jajal di Sirkuit Sentul, Bogor, beberapa tahun lalu.

New Honda Civic Hatchback RS masih tetap mengandalkan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology yang menghasilkan tenaga maksimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 5.500 rpm, terbesar di kelasnya.

Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi. Sistem ini memberi akselerasi yang responsif, lebih halus dan performa mesin yang maksimal serta konsumsi bahan bakar yang efisien.

Rasa berkendara sporty didukung dengan fitur paddle shift yang memberikan sensasi balap untuk mengatur perpindahan transmisi 7-percepatan hanya dengan menggunakan ujung jari.

Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat penambahan fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS).

Sementara efisiensi bahan bakarnya didukung fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan fungsi-fungsi lainnya untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Fitur ECO Assist membantu memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara, dimana gaya pengendaraan akan diukur dan hasilnya ditampilkan secara real time pada indikator warna yang berubah menjadi hijau sebagai indikasi konsumsi bahan bakar yang efisien.

Hasil pengetesan yang kami lakukan memang membuktikan ketajaman handling setir New Honda Civic Hatchback RS ini. Input setir yang presisi dengan feedback yang pas, membuat mobil begitu jinak saat melahap tikungan.

Bantingan suspensi mobil ini memang keras khas mobil-mobil sport. Namun dengan handling yang cekatan, hal ini jelas merupakan kompensasi sebanding.

Berkendara pun terbantu dengan suguhan kaca belakang yang besar hingga membuat visibilitas dengan kendaraan lain di belakang semakin terjaga.

Untuk segi keamanan dan keselamatan, New Honda Civic Hatchback RS tak perlu diragukan lagi. Mobil ini masih menawarkan standar keselamatan tertinggi di kelasnya lewat hadirnya berbagai fitur-fitur keselamatan pasif dan aktif.

Honda mengaplikasikan teknologi rangka orisinal G-Force Control (G-CON), dengan tujuan menjaga keutuhan struktur pada ruang penumpang dengan cara menyerap dan mengalirkan energi dari suatu benturan.

Sementara ACE memberikan perlindungan menyeluruh pada kabin penumpang meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran.

Bodi Honda Civic Hatchback juga dirancang dengan struktur Pedestrian Protection di lima bagian yang dapat meredam energi dan meminimalkan cedera pada pejalan kaki.

Ketika terjadi tabrakan keras, Pretensioner Seatbelt akan mengencang sehingga tubuh tetap berada pada posisinya dan mencegah gerakan dada ke depan.

Sedangkan Load Limiter berfungsi mengurangi tekanan yang berlebih dan mencegah cedera pada bagian dada sekaligus memastikan posisi tubuh jatuh pada airbag yang mengembang.

New Honda Civic Hatchback RS juga sudah dilengkapi enam buah Airbag yang dapat mengurangi resiko cedera pada pengemudi dan penumpang. Sementara ISOFIX & Tether berfungsi untuk pengait kursi bayi di kursi belakang kendaraan dalam menunjang keselamatan.

Fitur keselamatan mobil anyar ini juga meliputi Electric Parking Brake yang memberi kemudahan dalam melakukan parking brake cukup dengan satu sentuhan dan Auto Brake Hold untuk menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti sempurna pada saat tanjakan atau turunan untuk menghindari mobil meluncur tanpa menginjak rem terus-menerus.

Selain itu, New Honda Civic Hatchback RS juga telah dilengkapi dengan fitur lain seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal.

Kembalinya ke Jakarta, kami menyempatkan duduk di kursi penumpang belakang. Ruang kepala di baris kedua masih terasa pas meski penumpang memiliki tinggi badan 170 cm.

Namun, yang berbeda adalah suguhan ruang kaki yang lebih sempit dibanding versi sedan. Bagi kami memang masih memadai, tetapi ini tentu akan kurang nyaman bagi mereka yang memiliki tinggi lebih dari 170 cm.

Cukup disayang juga posisi duduk yang disediakan untuk penumpang di baris kedua masih cenderung tegak, karena posisi jok yang tidak bisa reclining. Hal ini tentu saja akan mereduksi kenyamanan penumpang belakang saat perjalanan jarak jauh.

Secara garis besar, New Honda Civic Hatchback RS merupakan mobil yang nyaman dikendarai, baik saat dibawa berjalan santai maupun ketika diajak berlari kencang.

Tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Brilliant Sporty Blue Metallic, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl, New Honda Civic Hatchback RS dipasarkan dengan harga Rp499 juta (OTR Jakarta).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA