Pakar Matematika NASA Wafat dalam Usia 101 Tahun

TA
Oleh taufiqqurakhman
Selasa 25 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Katherine Johnson, pakar matematika yang menghitung lintasan roket dan orbit Bumi untuk misi awal ruang angkasa NASA, wafat dalam usia 101 tahun pada Senin (24/2/2020) waktu AS.

Menurut laporan New York Times, Katherine meninggal dunia di sebuah panti jompo di Newport News, Virginia.

Dengan menggunakan pensil, penggaris hitung, Katherine menghitung lintasan tepat yang membuat Apollo 11 mendarat di bulan pada tahun 1969.

Dia mengetahui bahwa satu kesalahan kecil saja bisa memiliki konsekuensi mengerikan bagi pesawat ruang angkasa dan para awaknya.

Perhitungannya yang sempurna telah membantu merencanakan keberhasilan penerbangan Alan B Shepard Jr, yang menjadi orang AS pertama di luar angkasa ketika pesawat ruang angkasa Merkuriusnya terbang pada 1961.

Tahun berikutnya, Katherine juga membantu memungkinkan bagi John Glenn, di kapal Mercury 7, untuk menjadi orang AS pertama yang mengorbit Bumi.

Katherine adalah salah satu dari beberapa ratus wanita berpendidikan ketat, berkemampuan luar biasa namun sebagian besar sepak terjangnya tidak diketahui banyak orang sebelum gerakan feminis modern, bekerja sebagai ahli matematika NASA.

Di usia tua, Katherine menjadi di antara wanita kulit hitam paling terkenal yang pada pertengahan abad menjabat sebagai ahli matematika untuk badan antariksa dan pendahulunya, Komite Penasihat Nasional untuk Aeronautika.

Kisahnya juga diceritakan dalam film Hollywood 'Hidden Figures' pada 2016 berdasarkan buku nonfiksi Margot Lee Shetterly dengan judul yang sama, yang diterbitkan pada tahun itu.

Film ini dibintangi oleh Taraji P Henson sebagai Katherine Johnson, tokoh sentral film tersebut. Film ini juga dibintangi oleh Octavia Spencer dan Janelle Mone sebagai rekannya di dunia nyata Dorothy Vaughan dan Mary Jackson.

Pada Januari 2017, 'Hidden Figures' menerima Screen Actors Guild Award untuk kinerja luar biasa oleh para pemeran dalam film.

Film ini dinominasikan untuk tiga Oscar, termasuk film terbaik. Meskipun tidak memenangkan apa pun, Katherine yang ketika itu berusia 98 tahun menerima tepuk tangan meriah ketika dia muncul di atas panggung dengan para pemain film pada upacara Academy Awards. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA