Meski Dibayangi Wabah Virus Corona

Pengiriman iPhone ke China Naik 5% di Januari 2020

IN
Oleh inilahcom
Kamis 27 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, New York - Meski dibayang-bayangi wabah virus corona, Apple masih mencatat kenaikan pengiriman perangkat iPhone ke China pada Januari 2020.

Padahal angka pengiriman smartphone ke China secara keseluruhan merosot 37 persen dibandingkan Januari tahun lalu.

Firma riset UBS mengatakan pengiriman iPhone ke China justru naik 5 persen di periode Januari 2020. Menurut UBS, hal tersebut antara lain didukung oleh mekanisme penjualan online dari Apple yang tetap menyumbang penjualan iPhone meski toko ritel offline mereka di China banyak ditutup karena wabah virus corona.

Namun, apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, UBS mengatakan bahwa pengiriman iPhone ke China sebenarnya menurun sebesar 28 persen dan situasi ini diprediksi bakal memburuk.

"Angka bulan Februari kemungkinan akan jauh lebih kecil karena masalah pasokan dan permintaan terkait wabah virus corona," tulis analis UBS Tomothy Arcuri dalam sebuah nota kepada investor, seperti dilansir Bloomberg.

Sebelumnya, Apple sempat menutup semua toko fisiknya di China yang berjumlah hingga 42 toko, namun kini sebanyak 29 di antaranya telah dibuka kembali.

Raksasa teknologi asal AS itu juga tengah membatasi pasokan iPhone secara global akibat operasional pabrik perakitar yang masih belum pulih karena wabah virus corona.

Pendapatan Apple pada kuartal Maret pun diperkirakan mendatang tidak akan mencapai target US$63 miliar yang sebelumnya telah ditetapkan. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA