Vimanamail, Solusi Ampuh Lindungi Keamanan Email

IN
Oleh Ibnu Naufal
Jumat 28 Februari 2020
share
(inilahcom/Ibnu Naufal)

INILAHCOM, Subang - PT Prosperita Mitra Indonesia sebagai distributor Eset Indonesia menghadirkan solusi cloud email, yakni Vimanamail, yang diklaim mampu memberikan perlindungan terhadap email dengan memblokir ancaman berbasis email sebelum mereka mencapai server email.

Vimanamail melindungi bisnis dari spam, virus, malware, dan serangan DdoS, memindai semua komunikasi email masuk, termasuk lampiran dan URL untuk tanda-tanda konten berbahaya atau mencurigakan.

Vimanamail berfungsi sebagai kumpulan berbagai teknologi yang bekerja sama untuk memblokir ancaman email.

Menggunakan beberapa mesin pemindaian untuk melawan email spam dan malware, yang terintegrasi satu sama lain untuk melakukan pemindaian real time pada email yang masuk secara bertahap dengan menggabungkan metode penyaringan RBL atau Real-Time Black List.

Ini adalah mekanisme yang berisi daftar hitam alamat IP yang biasa digunakan oleh spammer dan DNSBL (Domain Name System Black List), atau daftar hitam DNS yaitu daftar pemblokiran spam yang memungkinkan untuk memblokir pesan dari sistem tertentu yang memiliki riwayat pengiriman spam.

Keduanya dikombinasikan menghasilkan bandwidth yang bersih dari email-email sampah sehingga menjaga reputasi traffic perusahaan.

Teknologi ini berfungsi layaknya cloud firewall untuk komunikasi email, memberlakukan seperangkat aturan yang berkaitan dengan sistem email perusahaan.

Menganalisis email untuk mengetahui berbahaya atau tidak, jika menganggap email yang diperiksa bersih maka akan diteruskan ke server pengguna. Jika menyakini email sebagai spam atau mengandung ancaman, email langsung dikarantina.

Pada sisi konfigurasi, untuk menghindari konfigurasi yang salah atau tidak benar pada server email yang dibuat oleh pengirim email, Vimanamail memberi kebebasan untuk mengimplementasikan domain atau email daftar putih/daftar hitam, domain juga dapat dikelola oleh banyak admin dengan peran berbeda.

Sementara dari sisi kompatibilitas, server kompatibel dengan server cloud mail populer seperti GSuite, Office365, MS Exchange Online atau dengan server email premis seperti Zimbra, Postfix, qmail, MS Exchange, Axigen, dan beberapa lainnya.

IT Security Consultant Eset Indonesia Yudhi Kukuh mengatakan, penggunaan email telah berkembang bukan lagi sekadar sebagai tempat penyimpanan, cloud email security salah satunya.

"Serangan terhadap email yang tak pernah berkurang setiap tahunnya menjadikan cloud email security tuntutan yang mendesak," jelas Yudhi dalam media gathering di Subang, Jawa Barat, Kamis (27/2/2020).

"Vital email dalam mekanisme bisnis menjadikannya sebagai titik sentral yang harus diproteksi dari infiltrasi asing yang dapat membahayakan keamanan perusahaan, sehingga melindungi email merupakan kebutuhan tak terelakan," tambahnya.

Saat ini layanan Vimanamail bisa didapatkan gratis untuk para pengguna domain .id selama lima bulan sementara domain lain digratiskan selama satu bulan.

"Saat ini kami memang belum merilis daftar harga karena masih liat permintaan pasarnya terlebih dahulu di Indonesia," pungkas Yudhi.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA