Komputasi Awan Eset Tawarkan Proteksi Komplit

IN
Oleh Ibnu Naufal
Sabtu 29 Februari 2020
share
(inilahcom/ibnu)

INILAHCOM, Jakarta - Disrupsi digital mengharuskan pelaku usaha untuk bertransformasi. Sistem komputasi awan (cloud) dinilai dapat memudahkan transformasi karena tidak memerlukan modal besar.

PT Prosperita Mitra Indonesia selaku pemegang merek antivirus ternama Eset Indonesia hadir dengan menawarkan efisiensi dan efektivitas melalui Sistem Komputasi Awan (cloud) untuk keamanan data di perangkat komputer dan gawai.

Dengan nama Eset Cloud.ID, manajemen antivirus ini merupakan pionir via cloud untuk endpoint security dengan server lokal di Indonesia.

"Sudah saatnya semua perusahaan di tanah air melakukan transformasi digital pengelolaan keamanan terpusat melalui cloud, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan," kata IT Security Consultan PT Prosperita- Eset Indonesia Yudhi Kukuh di sela sela Media Gathering di Subang, Jawa Barat, baru-baru ini.

Yudhi mengatakan, saat ini metode tradisional dengan melakukan instalasi dan update antivirus secara manual pada setiap mesin masih dipraktikkan oleh banyak perusahaan.

Itu artinya setiap pembaruan menjadi tanggung jawab setiap karyawan, sementara meminta karyawan untuk memutakhirkan program antivirus mereka sendiri merupakan keputusan yang kurang tepat.

Sedangkan perusahaan besar, lanjut Yudhi, kerap menghamburkan uang dengan membangun keamanan data on premise yang masih melibatkan manusia.

"Keduanya bukanlah cara yang paling efisien atau efektif untuk menjaga data perusahaan aman dari virus atau malware," kata Yudhi.

Dia mengatakan, zaman dulu, perusahaan banyak memilih membeli perangkat dan membutuhkan orang-orang yang merawatnya (maintainance). Namun sekarang, lanjut dia, tidak dengan menggunakan cloud.

"Orang bisa menyewa dan tidak membutuhkan tenaga maintainance."

Teknologi digital seperti cloud, kata Yudhi, membawa gelombang perubahan besar bagi dunia termasuk di Indonesia dalam perkembangan industri 4.0. Dengan transformasi digital dalam adopsi teknologi seperti cloud, memberikan layanan komprehensif yang dapat meningkatkan pengalaman perusahaan dalam mengembangkan perusahaan, pemotongan proses bisnis disertai jaminan keamanan yang jauh lebih baik.

Eset Cloud ID, lanjut dia, merupakan terobosan dalam upaya memberikan kemudahan bagi pengguna dalam layanan keamanan, pengelolaan, dan penyimpanan data. Perangkat lunak yang pengelolaannya disentralisasi melalui Eset Security Management Center (ESMC).

ESMC di cloud, kata dia, bekerja secara simpel, cepat, dan mudah dikelola, didesain untuk perusahaan mulai dari SMB sampai dengan level enterprise dimana setiap pengguna mendapatkan satu server ESMC.

Lebih dari itu, dengan konektivitas terhubung langsung di Indonesian Internet Exchange (IIX), memberikan keuntungan aksesibilitas dan pengelolaan yang lebih cepat.

"Sangat ideal untuk perusahaan di berbagai skala," ujar Yudhi.

Sementara dikesempatan yang sama Marketing Director PT Prosperita-Eset Indonesia Chrissie Maryanto mengatakan sistem proteksi Eset Cloud.ID saru-satunya yang menggunakan server lokal di Indonesia. Eset, kata dia, serius menggarap pasar di Indonesia.

Dia pun tak menyangka yang awalnya produk tersebut untuk usaha kecil menengah, namun sekarang sudah diminati oleh perusahaan-perusahaan.

"Awalnya untuk small-medium, namun ternyata sekarang enterprise (perusahaan) juga banyak yang minat," pungkas Chrissie.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA