Wakil Menteri Jepang ke Lebanon 'Jemput' Ghosn

IN
Oleh inilahcom
Minggu 01 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Tokyo - Wakil Menteri Kehakiman Jepang Hiroyuki Yoshiie bertolak ke Lebanon guna memastikan bahwa mantan pimpinan aliansi Nissan-Renault Carlos Ghosn dapat kembali ke Jepang untuk diadili.

Yoshiie meninggalkan Tokyo pada Sabtu (29/2/2020) untuk menemui Menteri Kehakiman Lebanon Albert Serhan, pada Senin (2/3/2020), demikian pernyataan Kementerian Kehakiman Jepang kepada Reuters.

Ghosn, taipan otomotif yang memulai karirnya di Michelin, meninggalkan Jepang menggunakan jet pribadi sewaan untuk pulang ke Lebanon yang menjadi kampung halamannya.

Ghosn yang tinggal bersama istri di Lebanon dan sempat membuat konferensi pers pada bulan lalu menegaskan bahwa dirinya tidak bersalah atas kejahatan keuangan yang dituduhkan pengadilan Jepang.

Dia pun mengaku melarikan diri ke Lebanon demi membersihkan namanya. Apalagi Lebanon tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Jepang.

Ghosn yang kembali mencuit di Twitter pertama kalinya pada Kamis (27/2/2020), mengajukan petisi pembebasan atas Greg Kelly, mantan eksekutif Nissan yang ditangkap di Jepang.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA