Teknologi Modern Ini Sudah Diprediksi Sejak 1959

IN
Oleh inilahcom
Rabu 04 Maret 2020
share
 

SEBUAH novel fiksi ilmiah berjudul 'Starship Troopers' terbitan tahun 1959, ternyata telah memprediksi kehadiran sejumlah teknologi canggih yang ada saat ini.

Merupakan karangan Robert A. Heinlein, novel yang laris manis di pasaran ini kemudian diangkat menjadi sebuah film dengan judul sama pada tahun 1997 yang disutradai oleh Paul Verhoeven.

'Starship Troopers' berkisah tentang seorang pemuda dan eksplorasinya di sebuah unit militer yang futuristik yang membawanya menjadi seorang tentara di perang antarbintang antara manusia dan makhluk luar angkasa.

Menariknya, beberapa teknologi yang digunakan dalam cerita ini ternyata merepresentasikan alat-alat canggih yang ada sekarang. Berarti teknologi yang ada saat ini sudah diprediksi sejak 61 tahun lalu.

Apa sajakah teknologi tersebut?

1. Komputer tablet

Semua pelajar dalam cerita 'Starship Troopers' ternyata sudah menggunakan perangkat komputer yang berbentuk seperti tablet.

Tablet kemudian menjadi perangkat sangat populer pada saat ini.

2. Pena stylus

Komputer berbentuk tablet tersebut ternyata juga dilengkapi pena stylus. Pena digital itu kini menjadi perangkat wajib untuk membantu penggunaan perangkat tablet dan smartphone berlayar besar.

3. Tampilan situs internet

Dalam cerita 'Starship Troopers', pemerintahnya terlihat menggunakan internet dengan tampilan tab situs yang serupa seperti yang ada saat ini, bahkan dengan kombinasi tautan interaktif dan video.

4. Video chat multi-user

Dalam cerita 'Starship Troopers' juga telah ditampilkan video chat multi-user dari seluruh dunia yang dijalankan dengan lancar. Teknologi tersebut sama seperti layanan Google Hangouts yang kita kenal saat ini.

5. Message converter

Pesan tulisan yang kemudian dikonversi menjadi pesan suara adalah teknologi yang kini umum digunakan di mobil-mobil mewah demi meminimalisir gangguan yang muncul ketika menggunakan ponsel sambil mengemudi.

Teknologi serupa ternyata sudah ada di 'Starship Troopers'.

6. Video call

Teknologi percakapan langsung melalui video call ternyata sudah muncul di 'Starship Troopers'. Saat ini, Anda pasti familiar dengan yang namanya Skype.

7. Sign in tanpa password

Perangkat mobile terkini sudah memungkinkan Anda sign in menggunakan pemindai wajah dan sidik jari.

Teknologi serupa ternyata sudah diprediksi 'Starship Troopers', yang mengasumsikan bahwa tidak perlu lagi menggunakan kata sandi atau password untuk masuk ke perangkat kita di masa depan.

8. Operasi bedah dengan robot

Teknologi mengoperasi organ tubuh dengan bantuan robot sudah menjadi kenyataan saat ini. Teknologi ini ternyata telah diprediksi dalam cerita di 'Starship Troopers'.

9. Kacamata pintar atau smartglass

Aktor di 'Starship Troopers' menggunakan perangkat dengan bentuk dan konsep sangat mirip seperti apa yang kita ketahui saat ini bernama smartglass.

10. Energi yang dapat diperbarui

Fasilitas di 'Starship Troopers' menggunakan konsep energi yang dapat diperbaharui karena fleksibilitas dan sisi logistik yang dipandang lebih mudah.

Teknologi energi serupa kemudian menjadi pesat digunakan pada saat ini. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA