Ini Penyebab Berakhirnya Kehidupan di Muka Bumi

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 07 Maret 2020
share
 

MEMANG hanya Tuhan yang tahu kapan kehidupan di dunia ini bakal berakhir. Namun, penyebab kehancuran di Bumi sudah banyak diprediksikan oleh para ahli.

Beberapa di antaranya bahkan sudah mulai terjadi dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi puncak kehancuran di kemudian hari.

Berikut berbagai penyebab bagaimana kehidupan di muka Bumi ini bisa benar-benar berakhir, atau dapat dikatakan kiamat, menurut para ilmuwan:

1. Pemanasan Global

Perubahan iklim seperti pemanasan global atau global warming merupakan ancaman terbesar yang dihadapi planet ini.

Perubahan iklim bisa membuat cuaca ekstrim sedemikian parah, terjadinya kekeringan, mengubah distribusi hewan dan penyakit di seluruh duni. Bahkan menyebabkan daerah rendah di Bumi tenggelam karena naiknya permukaan air laut.

Perubahan iklim secara drastis bisa menyebabkan ketidakstabilan politik, kemarau parah, kelaparan, runtuhnya ekosistem, dan perubahan lain yang membuat Bumi menjadi tempat tidak ramah untuk kehidupan.

2. Ancaman Pandemik

Patogen baru yang mematikan ditemukan setiap tahunnya. Mulai dari SARS, flu burung, MERS, Ebola, hingga yang terbaru virus corona yang diketahui berasal dari China.

Karena manusia saling berhubungan erat satu sama lain, penyakit mematikan tersebut bisa menyebar dengan cepat seperti api dan melenyapkan kehidupan di Bumi ini.

3. Penyakit Buatan

Penyakit alami bukan satu-satunya ancaman kehidupan. Pada 2011, komunitas ilmiah marah ketika mengetahui ilmuwan merekayasa versi mutan flu burung H5N1 yang menular pada musang dan ditularkan melalui udara.

Hal yang memicu kekhawatiran adalah rekayasa penyakit mematikan ini bisa secara tidak sengaja tersebar keluar dari laboratorium dan menyebabkan pandemi global.

4. Asteroid

Sejumlah film yang Anda tonton tentang kiamat tidak berbohong. Asteroid adalah ancaman terbesar musnahnya kehidupan di Bumi ini.

Jika jatuhnya meteor saja bisa melenyapkan dinosaurus dari muka Bumi, bagaimana dengan asteroid raksasa?

5. Perang Nuklir

Ancaman yang cukup klasik dan sudah menjadi bahan pembicaraan sejak dulu adalah perang nuklir.

Banyak negara di dunia yang menyimpan senjata pembunuh massal seperti nuklir. Ini bisa menyebabkan kehancuran di Bumi jika jatuh ke tangan yang salah.

6. Robot

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, kecerdasan buatan semakin menyusul kecerdasan manusia. Apalagi jika kecerdasan buatan seperti robot justru jadi mesin pembunuh ketimbang sebagai pembantu manusia.

PBB pun telah menyerukan larangan pengembangan robot pembunuh, mungkin karena mereka khawatir mengetahui beberapa negara tengah mengembangkannya.

Bayangkan jika di masa depan banyak robot cerdas bersenjata mematikan berkeliaran. Kemudian terjadi suatu kesalahan pada sistemnya yang mengubahnya menjadi mesin pembunuh massal.

7. Populasi Berlebih

Ketakutan akan populasi yang berlebih di Bumi sudah muncul sejak abad 18. Dunia semakin sempit dan sumber daya alam semakin berkurang.

Tak mengherankan pencarian tempat tinggal baru di planet lain (misalnya Mars) semakin gencar dilakukan karena berlebihnya populasi manusia di Bumi bisa menjadi ancaman berbahaya bagi kehidupan.

8. Jamur

Percayakah Anda jamur bisa melenyapkan kehidupan di Bumi?

Menurut David Wake, peneliti di Museum of Vertebrate Zoology di University of California, AS, jamur bisa lebih mematikan dari penyebaran bakteri pada manusia.

Beberapa tahun lalu, tersebar jamur yang menyebabkan musnahnya banyak populasi katak di AS.

9. Efek Bola Salju

Teori efek bola salju mengartikan gabungan antara cara-cara yang sudah disebutkan di atas tadi bisa mengantarkan Bumi menuju kehancuran.

Misalnya, pemanasan global dapat meningkatkan kemungkinan penyebaran pandemik penyakit berbahaya dan juga menyebabkan pergeseran iklim.

Di sisi lain, ekosistem yang runtuh bisa menyulitkan alam menghasilkan sumber makanan. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA