Duet Samsung-MediaTek Hasilkan TV QLED 8K WiFi 6

IB
Oleh ibnu
Sabtu 07 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Menggandeng produsen chipset MediaTek, Samsung resmi menghadirkan televisi QLED 8K pertama di dunia yang dilengkapi dengan chipset WiFi 6 khusus, yang bernama Samsung 8K QLED Y20 (Q950, Q900).

Televisi kelas flagship ini diklaim merupakan satu-satunya televisi beresolusi 8K di dunia yang mendukung konektivitas Wi-Fi 6. Dengan bekal tersebut, televisi anyar hasil duet Samsung dan MediaTek itu disebut akan menawarkan pengalaman hiburan yang lebih halus bagi konsumen dengan streaming dan gaming yang lebih lancar, serta akses internet tanpa hambatan.

Kedua perusahaan teknologi itu juga menyebut bahwa produk besutan mereka akan mendorong maju industri televisi dengan inovasi WiFi 6 terkemuka untuk konektivitas dan pengalaman pencitraan dan tontonan 8K premium.

Sebagai informasi, WiFi 6 merupakan standar nirkabel terbaru dengan throughput transmisi lebih tinggi dan irit daya. Dengan koneksi internet cepat terkini, beragam konten semisal streaming video dan game dijanjikan lebih lancar.

"Samsung sudah lama menjadi mitra strategis MediaTek, dan dorongannya yang konsisten dalam berinovasi telah memungkinkan MediaTek untuk terus menghadirkan solusi-solusi IC terkemuka di industri, seperti keluarga Wi-Fi 6 kami," kata Jerry Yu, Senior Vice President dan General Manager Intelligent Devices Business Group MediaTek.

Menurut dia, Samsung juga mendorong pertumbuhan segmen televisi pintar (smart TV) premium dan kolaborasi dengan Samsung dalam WiFi dan 8K merupakan awal dari permintaan global yang kuat akan solusi-solusi konektivitas tingkat lanjut dan WiFi 6.

MediaTek sendiri diketahui sudah lama menjadi pemimpin inovasi dalam pasar semikonduktor untuk jaringan rumah nirkabel dan pita lebar. MediaTek selain kompetitor juga memiliki pangsa pasar tinggi di dunia untuk smart TV dan router.

Teknologi WiFi MediaTek digunakan dalam ratusan produk di seluruh dunia, termasuk perangkat mobile, solusi audio, PC, televisi digital, pemutar Blu-ray, perangkat IPTV, dan kamera web.

MediaTek juga mengaku akan terus meluncurkan lini baru produk-produk WiFi 6 untuk pasar-pasar penting termasuk router ritel, pita lebar, perangkat elektronik, gaming, mobile dan Internet of Things (IoT). [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA