Indikasi Adanya Kebocoran Bahan Bakar

Hyundai Recall 206 Ribu Unit Sonata di AS

IN
Oleh inilahcom
Minggu 08 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Fountain Valley - Hyundai mengumumkan untuk menarik dari peredaran 206.000 unit Sonata produksi 2013 dan 2014 di pasar otomotif AS.

Hal tersebut dikarenakan selang yang menghubungkan satu pompa bahan bakar dengan yang lain dapat menyebabkan kebocoran bahan bakar dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Produsen otomotif asal Korea Selatan itu masih mengembangkan perbaikan. Diharapkan untuk memulai penarikan pada 24 April 2020, menurut laporan Yahoo News.

Penarikan kembali ini merupakan yang terbaru dari sejumlah masalah yang dapat menyebabkan mesin terbakar pada mobil model tertentu buatan Hyundai dan afiliasinya, Kia.

Masalah masa lalu telah memicu investigasi oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA). Hyundai mengatakan dalam dokumen yang diajukan kepada pemerintah bahwa pihaknya telah melihat lonjakan klaim kebocoran bahan bakar pada Sonata lansiran 2013.

Bulan lalu, Kia mengatakan akan menarik lebih dari 142.000 unit Optima untuk masalah yang sama, kebocoran selang bahan bakar. Kia mengatakan memiliki delapan laporan kebocoran bahan bakar di Optima.

Sebelumnya, pada Februari, Kia juga mengumumkan untuk menarik hampir 229.000 unit Sedona dan Sorento lansiran lawas karena uap air dapat masuk ke komputer kontrol rem ABS, yang menyebabkan korsleting listrik dan kemungkinan kebakaran mesin.

Sementara Hyundai menarik hampir 430.000 unit Elantra generasi lama karena masalah yang sama.

April tahun lalu, NHTSA membuka dua investigasi baru terhadap kebakaran yang melibatkan kendaraan Hyundai dan Kia setelah mendapat pengaduan lebih dari 3.100 kebakaran dan 103 cedera. Lembaga tersebut memberikan petisi yang meminta penyelidikan oleh Center for Auto Safety, sebuah organisasi advokasi konsumen.

Kegagalan mesin dan masalah kebakaran pada mobil Hyundai dan Kia telah memengaruhi lebih dari 6 juta kendaraan sejak 2015, menurut dokumen NHTSA.

Sejauh ini, Hyundai dan Kia telah menarik sekitar 2,4 juta kendaraan untuk memperbaiki masalah yang dapat menyebabkan kebakaran dan kegagalan mesin. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA