Akibat Wabah Virus Corona

Peluncuran Kamera DSLR Nikon D6 Ditunda

TA
Oleh taufiqqurakhman
Rabu 11 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Tokyo - Nikon resmi menunda peluncuran kamera DSLR terbarunya, Nikon D6. Kehadiran kamera yang diperuntukkan bagi fotografer profesional ini diperkirakan bakal molor hingga dua bulan dari jadwal semula.

Awalnya, Nikon D6 dijadwalkan akan meluncur pada Maret 2020. Dengan adanya penundaan tersebut, kamera ini tampaknya baru akan rilis pada Mei mendatang. Itu pun tanggal pastinya masih belum ada.

"Kami akan mengumumkan tanggal peluncuran yang baru begitu sudah ditentukan," tulis Nikon dalam sebuah pernyataan resmi di situsnya.

Meski peluncurannya ditunda, Nikon D6 kemungkinan besar masih akan bisa ikut mengabadikan Olimpiade Tokyo 2020 yang baru bakal dimulai pada Juli mendatang.

Selama ini, Nikon D6 memang digadang-gadangkan sebagai kamera flagship untuk event olahraga akbar itu.

Adapun alasan ditundanya peluncuran Nikon D6 tak lain karena wabah virus corona di sejumlah negara di dunia. Nikon mengatakan, ada komponen kamera yang dibuat oleh pihak ketiga yang pasokannya terhambat.

"Kami meminta maaf kepada konsumen dan semua pihak terkait atas ketidaknyamanan ini," tulis Nikon lagi.

Sebelumnya, pada Februari lalu, Nikon telah mengumumkan kehadiran Nikon D6. Kamera full-frame 20,8 megapiksel ini memiliki fitur unggulan seperti pemotretan kontinyu (burst) berkecepatan 14 FPS, perekaman video 4K, serta sistem autofokus Multi-CAM 37K.

Nikon menyebut autofokus pada Nikon D6 sebagai sistem AF paling powerful yang pernah mereka buat.

Untuk harganya, Nikon D6 diperkirakan bakal ditawarkan dengan banderol US$6.500 atau sekitar Rp93 juta (body only).

Terkait penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020, informasi yang beredar menyatakan bahwa pesta olahraga dunia empat tahunan itu akan tetap berjalan, meski tanpa penonton sekalipun.

Para jurnalis dan fotografer dipastikan tetap bisa meliput event akbar tersebut. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA