Ini Langkah Instagram Cegah Hoaks Virus Corona

TA
Oleh taufiqqurakhman
Rabu 11 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, San Francisco - Hoaks terkait virus corona (COVID-19) banyak beredar di media sosial, termasuk di Instagram. Jejaring sosial berbagi foto dan video milik Facebook ini pun berinisiatif melakukan sejumlah langkah untuk mencegah peredaran informasi palsu soal wabah yang tengah berlangsung ini.

"Kami menghapus misinformasi yang merugikan tentang COVID-19," cuit pengelola Instagram lewat akun Twitter resmi mereka @InstagramComms.

Mereka pun menampilkan notifikasi menuju referensi resmi dari Lembaga Kesehatan Dunia (WHO), dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), serta otoritas kesehatan setempat, ketika pengguna meng-klik tagar yang terkait dengan virus corona.

Disebutkan pula bahwa Instagram akan meminta rekanan fact checker untuk memeriksa akurasi informasi dalam postingan yang dicurigai misleading.

Tagar yang dipakai untuk menyebar hoaks dan iklan yang dinilai memanfaatkan keadaan juga akan diblokir.

Instagram menyebut mereka tengah mendiskusikan solusi jangka panjang untuk membantu orang-orang yang mencari informasi soal virus corona supaya bisa menemukan sumber kredibel.

Untuk saat ini, caranya masih sebatas menampilkan notifikasi berisi referensi ke sumber resmi saat pengguna meng-klik tagar saja. Namun, dalam beberapa pekan ke depan, kemungkinan akan ada upaya baru yang bakal diumumkan Instagram. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA