Dampak Wabah Virus Corona

Pameran Teknologi CES Asia 2020 Resmi Ditunda

TA
Oleh taufiqqurakhman
Kamis 12 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Shanghai - Wabah virus corona kembali berdampak pada pameran teknologi berskala internasional. Terbaru, pameran Consumer Electronics Show (CES) Asia kabarnya juga akan ditunda penyelenggaraannya.

Mengutip CNET, pihak penyelenggara CES Asia mengatakan bahwa pameran teknologi yang dijadwalkan berlangsung pertengahan Juni 2020 di Shanghai, China, resmi ditunda.

"Keputusan kami mencerminkan keprihatinan para pemangku kepentingan kami termasuk peserta pameran, pembeli, media dan pembicara," ujar Consumer Technology Association dalam sebuah pernyataan.

"Mengingat keprihatinan global yang berkembang tentang dan dampak dari virus corona, kami merasa ini adalah keputusan terbaik untuk semua orang yang terlibat," lanjut mereka.

CES Asia 2020 dijadwalkan berlangsung dari 10-12 Juni mendatang. Meskipun acaranya tidak sebesar CES di Las Vegas, yang tahun lalu menarik lebih dari 42.000 peserta dan lebih dari 520 perusahaan dalam pameran, termasuk Samsung, Huawei dan Google.

"Kami membuat keputusan ini karena kami tahu perusahaan dan peserta menginvestasikan banyak waktu dan upaya dalam perencanaan untuk pameran dagang seperti CES Asia," lanjut pihak Consumer Technology Association.

CES Asia menambah panjang daftar konferensi teknologi tahunan yang dibatalkan karena kekhawatiran penyebaran virus corona, yang telah menginfeksi hampir 1.000 orang di AS dan merenggut lebih dari 4.200 jiwa di seluruh dunia.

Mobile World Congress (MWC) yang setiap tahunnya diadakan di Barcelona, Spanyol, pada akhir Februari, merupakan konferensi teknologi besar pertama yang dibatalkan karena antisipasi akan virus corona.

Belum lama ini, SXSW juga dibatalkan, sementara Facebook dan Google juga memilih untuk tidak mengadakan konferensi tahunan untuk pengembang mereka, F8 dan Google I/O.

Dengan penundaan CES Asia, pameran teknologi berikutnya adalah Computex. Diselenggarakan setiap tahun di Taipei, Taiwan, Computex merupakan platform untuk pengumuman besar bagi sejumlah perusahaan, seperti ASUS, AMD dan Nvidia.

Sejauh ini, pihak Taipei Computer Association belum membatalkan acara yang dijadwalkan berlangsung pada 2-6 Juni 2020 tersebut. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA