Tesla Tingkatkan Kapasitas Produksi Suku Cadang

TA
Oleh taufiqqurakhman
Jumat 13 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Shanghai - Produsen kendaraan listrik asal AS, Tesla, akan meningkatkan kapasitas produksi suku cadang untuk mobil tertentu di pabrik Shanghai, China.

Mengutip Reuters, kabar peningkatan produksi itu tersiar dari dokumen dokumen pemerintah setempat, yang menyebutkan bahwa Tesla ingin lebih banyak melokalkan komponen dan rantai pasokan suku cadang di China.

Menurut dokumen itu, Tesla yang mulai mengirimkan sedan listrik Model 3 dari pabriknya Shanghai pada Desember lalu, ingin menambah lini produksi untuk produksi baterai, motor listrik, dan pengendali motor.

Tesla pada akhir Desember 2019 masih menggunakan sekitar 70 persen bahan suku cadang impor untuk mobil-mobil di China.

Dalam hal pengembangan, Tesla justru ingin melipatgandakan kapasitas produksi tahunan mereka seperti pipa pendingin, bagian penting dalam sistem panas mobil, menjadi 260.000 set per tahun dari sebelumnya di angka 150.000 set per tahun.

Perusahaan otomotif besutan taipan Elon Musk ini juga berniat melokalkan seluruh rantai pasokannya di China pada akhir tahun 2020.

Tesla juga sedang membangun jalur stamping tambahan untuk mempercepat produksi mobil di Shanghai, menurut dokumen konstruksi.

Pabrik Shanghai adalah kunci strategi pertumbuhan Tesla. Di sana mereka ingin memproduksi sekitar 150.000 sedan Model 3, kemudian meningkatkan output menjadi 250.000 per tahun, termasuk Model Y.

Namun, rencana produksi dan pengiriman Tesla di Shanghai terganggu wabah virus corona yang telah menewaskan lebih dari 3.100 orang di China. Penjualan ritel mobil penumpang di China anjlok sekitar 80 persen pada Februari lalu karena epidemi itu. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA