Redmi Sukses Pasang Sensor Sidik Jari di Layar LCD

TA
Oleh taufiqqurakhman
Sabtu 14 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Beijing - Redmi mengklaim telah berhasil menyematkan sensor In-Display Fingerprint pada layar LCD smartphone buatan mereka.

Perlu diketahui bahwa In-Display Fingerprint atau pemindai sidik jari yang terintegrasi dalam layar, selama ini baru bisa disematkan pada layar smartphone berbahan OLED.

Namun, Vice President and General Manager of Redmi China, Lu Weibing. mengonfirmasi bahwa teknologi In-Display Fingerprint dapat bekerja pada perangkat dengan layar LCD.

Melalui video pendek berdurasi 15 detik terlihat bagaimana pemindai sidik jari dalam layar itu bekerja normal di layar LCD prototipe Redmi Note 8 Pro.

Dalam video itu juga dijelaskan bahwa terdapat infra red (IR) blaster di belakang layar, yang memancarkan cahaya inframerah. Lapisan film dengan transmitansi tinggi dipakai Redmi di lapisan layar, sehingga memungkinkan cahaya inframerah melewati layar.

Cahaya inframerah tersebut kemudian akan mencapai sidik jari, dan dipantulkan kembali ke sensor sidik jari di balik layar.

Video itu juga menunjukkan performa pemindai sidik jari berbasis inframerah di layar LCD sama cepatnya dengan layar OLED, mulai dari registrasi sidik jari sampai proses membuka kunci layar pun terlihat cepat.

Mengutip Android Authority, kehadiran teknologi In-Display Fingerprint di layar LCD ini merupakan terobosan baru bagi Redmi, yang diharapkan mampu membawa teknologi tersebut di lini smartphone kelas entry-level.

Meski demikian, belum diketahui secara detail smartphone Redmi apa saja yang akan mengadopsi teknologi In-Display Fingerprint tersebut. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan smartphone dengan fitur tersebut bakal hadir tahun ini. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA