AMD Umumkan Ryzen Mobile 4000 Series

IN
Oleh inilahcom
Selasa 17 Maret 2020
share
(anandtech)

INILAHCOM, San Diego - Ryzen Mobile 4000 Series, dengan kode Renoir, hadir dengan cukup banyak perubahan dibandingkan pendahulunya, Ryzen Mobile 3000 Series. Seperti apa?

AMD memang ingin melangkah lebih jauh lagi di pasar mobile, dan jajaran SoC baru ini merupakan senjata baru mereka yang bisa mewujudkan keinginan itu.

Renoir hadir dengan arsitektur Zen 2, dengan fabrikasi 7nm. Zen 2 sendiri disebut AMD akan menawarkan IPC (Instruction per Clock) hingga 15 persen lebih tinggi dari Zen.

Hal itu didapatkan dari berbagai hal, termasuk TAGE branch predictor baru, cache yang lebih besar dan optimal, serta beberapa hal lain. Secara umum, IPC lebih tinggi ini akan membawa pengaruh positif ke performa dan efisiensi dari Ryzen Mobile 4000 Series.

Bicara soal efisiensi, AMD menyebutkan bahwa peningkatan IPC serta peningkatan dari sisi desain SoC berkontribusi terhadap sekitar 35% dari peningkatan power efficiency Ryzen Mobile 4000 Series.

Sementara 65 persen sisanya disumbang oleh fabrikasi 7 nm yang digunakan. Secara keseluruhan, untuk skenario penggunaan multi-threading yang cukup berat, Ryzen Mobile 4000 Series ini menawarkan relative performance-per-watt sekitar 2x lipat pendahulunya.

Zen 2 dengan fabrikasi 7nm ini juga membuat Ryzen Mobile 4000 Series memiliki potensi clock yang lebih tinggi.

Berdasarkan penjelasan AMD, untuk performa single thread, Ryzen Mobile 4000 Series meningkat 25 persen dibandingkan pendahulunya di power envelope yang sama.

Jadi, dengan membawa Zen 2 ke mobile, AMD bisa mendorong tawaran mereka ke titik baru yang cukup jauh melampaui yang ada sebelumnya.

AMD menyebutkan bahwa fabrikasi 7nm membuat voltase minimal untuk SoC Renoir bisa dikurangi. Bila dikombinasikan dengan beberapa peningkatan di Renoir, seperti CPUOFF Latency dan IO Power yang lebih rendah, SoC power di Renoir ini berkurang 20 persen dari sebelumnya.

Konsumsi daya yang lebih rendah ini tentu saja akan berkontribusi positif untuk daya tahan baterai yang lebih panjang.

Selain itu, ada Ryzen 9 4900H menghadirkan fitur-fitur menarik untuk para enthusiast gamer yang menuntut performa lebih, dengan 8 cores dan 16 threads, 4.4GHz boost clock, 3.3GHz base clock, dengan TDP 45W, dan arsitektur 7nm yang memberikan efisiensi daya dan performa maksimal sehingga tercipta notebook gaming terbaik di dunia yang lebih tipis, ringan, dan bertenaga.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA