Lansia Ditemani Robot Pintar Selama Wabah Corona

IN
Oleh inilahcom
Kamis 19 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Brussels - Perusahaan pembuat robot asal Belgia Zorabots meminjamkan robot-robot mereka kepada rumah jompo.

Hal ini dimaksudkan agar para lansia bisa tetap berkomunikasi dan terhubung setelah pihak berwenang melarang adanya pengunjung demi mencegah penyebaran virus corona.

Zorabots mengatakan mereka awalnya meminjamkan 60 robot 'James' untuk rumah jompo, tapi mereka bisa menyediakan ratusan robot lagi. Mesin setinggi 1,2 meter itu bisa menavigasi kamar dan menghubungkan panggilan video lewat messenger Facebook.

Mengutip Reuters, pemerintah Belgia melarang adanya pengunjung di rumah jompo, membatasi jam buka toko, menutup sekolah untuk mengurangi penyebaran COVID-19 yang telah menginfeksi 1.085 orang menewaskan lima orang di sana.

"Kami mengatakan bahwa dalam beberapa pekan ke depan kami takkan bisa menjualnya, pasokannya hanya teronggok di sana. Daripada membiarkan stoknya begitu saja, mengapa tidak menggunakannya untuk hal baik?" kata co-CEO Zorabots Tommy Deblieck kepada Reuters.

Sementara itu, direktur perawatan perumahan untuk pemerintah kota Ostend, Nele Vandewiele,mengatakan bahworobot ini dapat membantu para lansia yang kehilangan kontak dengan dunia luar dan keluarga mereka. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA