WhatsApp Rilis Pusat Informasi Pandemi COVID-19

IN
Oleh inilahcom
Kamis 19 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Layanan pesan instan populer WhatsApp meluncurkan pusat informasi terkait pandemi virus corona (COVID-19) yang saat ini terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Dalam keterangan resminya, WhatsApp menginformasikan pusat informasi berisi panduan sederhana untuk para pengguna mereka yang berprofesi sebagai petugas kesehatan, pengajar, organisasi nirlaba, pegawai pemerintah, dan pelaku bisnis.

"Kami mengamati bahwa selama periode ini banyak yang mengandalkan WhatsApp, baik dalam komunikasi antarteman dan orang yang dicintai, antara dokter dan pasiennya, maupun guru dan siswanya. Kami ingin menyediakan pusat informasi sederhana yang dapat membantu menghubungkan orang-orang di saat yang penuh kewaspadaan ini," kata Will Cathart, Head of WhatsApp.

Situs pusat informasi ini berisi panduan menggunakan WhatsApp untuk menunjang komunikasi selama gerakan tidak keluar rumah, social distancing, untuk mencegah penyebaran virus corona yang lebih luas.

"Situs ini juga menawarkan tips dan konten umum bagi pengguna di seluruh dunia demi mengurangi penyebaran rumor dan membuka akses terhadap informasi kesehatan yang akurat," kata WhatsApp.

Layanan pesan milik Facebook Inc ini akan bekerja sama dengan Badan Kesehatan Dunia WHO untuk memuat hotline yang menyediakan informasi seputar COVID-19 di pusat informasi tersebut.

"Hingga saat ini, kami telah bekerja sama dengan sejumlah kementerian kesehatan nasional dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk memberikan informasi faktual kepada pengguna melalui perpesananan singkat di berbagai negara, termasuk Singapura, Israel, Afrika Selatan, Brasil, dan Indonesia. Seiring upaya ini berlanjut, pusat informasi ini akan terus diperbarui sesuai situasi terkini," kata WhatsApp.

WhatsApp mendonasikan dana sebesar US$1 juta untuk Jaringan Internasional Penguji Fakta (IFCN) besutan Poynter Institute untuk mendukung pengecekan fakta. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA