Anjuran 'WFH', Jaringan Telkomsel dan Tri Melonjak

IN
Oleh Ibnu Naufal
Kamis 19 Maret 2020
share
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Sejak diberlakukannya imbauan belajar dan bekerja dari rumah atau 'work from home' (WFH) oleh Pemerintah, dua operator seluler Telkomsel dan Tri mencatat terjadi lonjakan trafik komunikasi payload layanan berbasis data dan digital.

Untuk Telkomsel, layanan berbasis data dan digital tercatat naik hingga 5 persen dibandingkan periode sebelum diberlakukannya imbauan tersebut. Sedangkan, untuk layanan voice dan SMS cenderung stabil dibandingkan periode yang sama.

Telkomsel juga mencatat kenaikan trafik komunikasi layanan berbasis data dan digital dikontribusi oleh tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) yang mencapai 236 persen, komunikasi pesan instan sebesar 19 persen, games online sebesar 13 persen, dan layanan digital berbasis cloud storage yang umumnya juga digunakan sebagai penunjang sistem layanan aplikasi bekerja secara daring, yang meningkat hingga 10,4 persen.

Sedangkan trafik payload lainnya yang meningkat antara lain pemanfaatan layanan content provider 8,2 persen, digital advertising 7,5 persen, video streaming 7,3 persen, dan browsing 5,2 persen.

Sedangkan, untuk wilayah operasional Telkomsel yang mengkontribusi kenaikan payload secara keseluruhan terbesar yaitu Regional Jawa Barat 7,9 persen, Jawa Tengah 6,9 persen, Jawa Timur 5 persen, Sumatera Bagian Tengah 4,7 persen, dan Sumatera Bagian Selatan 4,2 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyebut bahwa pihaknya akan terus melakukan pemantauan pergerakan trafik layanan telekomunikasi dan saat ini upaya penanganan pengamanan trafik jaringan yang telah dilakukan Telkomsel mencakup kesiapan kapasitas tambahan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi, terutama trafik layanan berbasis data dan digital, dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900Mhz, 1.800Mhz, 2.100Mhz, dan 2.300Mhz.

"Kesiapan jaringan berbasis broadband ini juga dilakukan untuk memastikan kenyamanan pelanggan menikmati ragam layanan digital lifestyle Telkomsel seperti aplikasi video on demand MAXStream, streaming lagu LangitMusik serta layanan Dunia Games," ujar dia.

Sementara untuk Tri Indonesia, trafik layanan sejak diberlakukannya 'WFH' pada Senin lalu (16/3/2020) naik jika dibandingkan dengan hari yang sama pada pekan sebelumnya.

Trafik layanan konvensional seperti voice call meningkat sebesar 5-10 persen dan data traffic meningkat sebesar 15-20 persen. Lonjakan data trafik ini memuncak justru di luar jam sibuk, yaitu pada pukul 06.00 sampai 12.00.

Beberapa aplikasi yang berkontribusi dalam peningkatan data trafik ini adalah WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Mobile Legend. Seperti yang kita tahu, WhatsApp bisa digunakan untuk melakukan conference call dan video call oleh mereka yang bekerja dari rumah.

Secara umum, rata-rata penggunaan data untuk melakukan video call selama 30-60 menit dengan Google Hangouts adalah 3MB, dengan Zoom sebesar 90MB, dan dengan Webex adalah 750MB.

"Kami juga memberi kemudahan dan kenyamanan bagi para pengguna kami yang bekerja dari rumah agar pemanfaatan layanan video conference atau akses email bisa dilakukan secara leluasa dengan paket Unlimited AlwaysOn. Paket Unlimited AlwaysOn ini juga berlaku pada pukul 01.00-17.00 untuk semua aplikasi, termasuk Edmodo, RuangGuru, Zenius, dan aplikasi-aplikasi lainnya yang dapat menunjang kondusivitas belajar dari rumah," papar M Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA