Netflix Bakal Pangkas 25% Trafik Jaringan di Eropa

TA
Oleh taufiqqurakhman
Senin 23 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Los Gatos - Netflix Inc bakal memangkas lalu lintas (trafik) sebesar 25 persen pada jaringan layanan video streaming-nya di seluruh Eropa.

Raksasa layanan streaming itu mengatakan bahwa hal tersebut sebagai upaya bantuan bagi penyedia layanan internet (ISP) yang mengalami lonjakan penggunaan karena kebijakan 'shelter in place' dan 'work from home (WFH)' yang bertujuan menghambat penyebaran virus corona.

Mengutip Reuters, Netflix telah mengerahkan cara untuk mengurangi trafik jaringan di Italia dan Spanyol, dan akan melakukan hal yang sama untuk seluruh negara di Eropa dalam beberapa hari ke depan.

Netflix juga mengatakan akan menghapus aliran bandwidth tertinggi dalam setiap kategori resolusi untuk 30 hari ke depan di Eropa, di mana pengguna mungkin melihat sedikit penurunan kualitas video dalam setiap kategori.

"Tujuan kami sederhana, yakni untuk menjaga kualitas layanan bagi anggota kami, sambil mendukung ISP yang menghadapi tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada jaringan mereka," kata Netflix.

Sementara itu, YouTube dan Amazon.com bergabung dengan Netflix dalam menanggapi panggilan dari komisioner Uni Eropa untuk menurunkan kualitas gambar guna mencegah kelebihan muatan lalu lintas di internet.

Industri telekomunikasi dalam beberapa hari terakhir melaporkan lonjakan lalu lintas data pada jaringan. Hal ini menyusul ribuan orang yang terpaksa untuk tinggal di rumah, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Hingga Minggu (22/3/2020), virus corona sudah menginfeksi 336.838 orang di dunia dan 14.616 di antaranya dilaporkan telah meninggal dunia. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA