Review Realme 6 Pro: Raja Baru di Segmen Menengah

IN
Oleh Ibnu Naufal
Selasa 24 Maret 2020
share
(Foto: inilahcom/Ibnu Naufal)

SELAMA beberapa tahun terakhir, telah ada satu merek yang secara agresif membanjiri pasar ponsel pintar dan terus meningkatkan kinerja di segmen menengah, dan itulah realme. realme memiliki setidaknya satu model yang bersaing di hampir setiap segmen.

Sekarang, realme baru saja merilis seri jagoan menengah realme 6 series di Indonesia yang saat ini terdiri atas realme 6 dan 6 Pro.

realme 6 pro yang membawa berbagai peningkatan nampaknya diposisikan sebagai smartphone menengah penerus realme XT.

INILAHCOM telah menguji model realme 6 Pro selama seminggu terakhir.
realme sendiri menyebut ponsel realme 6 Pro dengan slogan 6 Cameras. Pro Display. lantaran ditaburi aneka fitur seperti enam kamera belakang berkonfigurasi Quad Camera dan Dual In-Display Selfie, 30W Flash Charge, dan prosesor Snapdragon 720G. Lalu bagaimana dengan performa dan hasil kameranya? Simak artikel ini hingga tuntas.


Desain

Kita mulai dari bodi, realme 6 Pro terlihat keren berkat warna holografik dan tekstur terbaru. Ponsel ini mewarisi DNA desain ciri khas realme sekaligus terus meningkatkan material dan teknologi demi mencapai efek visual yang terinspirasi oleh cahaya kilat. Oleh karenanya, pabrikan yang bermarkas di Tiongkok ini menyebut sebagai lightning design. Ya, kami pun setuju akan hal tersebut.

Desain Ini terlihat cukup funky dan tidak terlalu mencolok, yang kami sukai terlihat dari warna biru yang kami uji. Efek gradasi kilat warna ini akan terlihat jelas ketika terkena pantulan cahaya. Warna lightning blue mengadopsi colorway kilat, solusi industri yang jarang digunakan dan sangat kontras dengan desain konvensional.

Bagian belakang yang mengkilap membuat ponsel ini sangat licin tapi untungnya itu sudah diberikan jelly case transparan dan bagian depan dilindungi oleh Gorilla Glass 5, jadi masalah lecet tidak akan menjadi masalah. realme 6 Pro cukup berbobot dengan ketipisan di 8.9mm dan sedikit berat di 197g namun masih dalam kondisi yang mudah dan nyaman digenggam dengan satu tangan.

Perbedaan yang cukup kentara dibandingkan desain pendahulunya yaitu keberadaan "notch" atau potongan bulat kecil di bagian atas layar depan. Dahulu realme menyebutnya sebagai "Dewdrop notch" atau poni berbentuk tetesan embun. realme 6 Pro menampilkan guntingan lubang ganda, yang memberikan tampilan lebih trendi dan modern membuat realme 6 pro bisa memiliki ukuran layar besar dengan bezel yang lebih tipis. Keberadaan kamera dalam layar ini tidak begitu mengganggu, terutama ketika bermain gim.

Jika background layar berwarna putih, "notch" tersebut terlihat cukup kentara dan mungkin beberapa orang merasa terganggu. Namun hal ini akan terbiasa seiring dengan penggunaan.Pada layar depan ada Gorilla Glass 5 juga, untuk perlindungan maksimal realme juga menyertakan ponsel ini dengan soft case yang sudah disebutkan sebelumnya.

Tata letak tombol dan port masih pada posisi biasanya, namun yang berbeda kini tombol daya telah diratakan untuk mengakomodasi sensor sidik jari. Kami tidak keberatan dengan pilihan desain ini, karena tombolnya sejajar dengan ibu jari Anda saat memegang ponsel ini dengan tangan kanan Anda. Pengguna kidal mungkin bisa merekam jari tengah atau jari manis untuk membuka kunci dengan sensor sidik jari samping ini. Slot SIM di sebelah kiri memiliki slot untuk dua Nano-SIM dan kartu microSD.

realme 6 Pro tidak memiliki tonjolan besar untuk modul kamera di bagian belakang, dan empat kamera berbaris dengan cara yang sama seperti pada realme XT. Secara keseluruhan, kami merasa bahwa realme telah melakukan pekerjaan yang baik dengan kualitas bodi yang diterapkan. realme 6 pro juga mengklaim bahwa ada tiga lapisan anti air pada ponsel ini, yang seharusnya dapat membantunya bertahan dari percikan air meskipun tidak ada peringkat IP resmi.

Kotak penjualan sendiri berisi barang-barang yang sudah familiar seperti alat pelepas SIM, kabel data Type-C, adaptor 30W Flash Charge, kasing pelindung silikon, kartu garansi dan buku panduan. Selengkapnya bisa dilihat dalam video unboxing dan hands on dibawah ini:

Layar

Layar saat ini sudah menjadi fitur krusial di smartphone layaknya kemampuan komunikasi itu sendiri. Ini karena sekarang semua kegiatan di smartphone dilakukan melalui layar.Oleh karena itu kualitas sebuah produk smartphone bisa terukur dari komponen yang satu ini.

Saat ini sebagian besar layar smartphone bahkan hingga level flagship yang tersedia di Tanah Air hadir dengan kecepatan refresh standar 60Hz saja. Yang membuatnya spesial, realme 6 Pro menjadi smartphone kelas menengah di Indonesia yang membawa panel dengan refresh rate 90Hz.

Tampilan 90Hz pada dasarnya berarti pengguliran dan animasi yang lebih halus saat dipasangkan dengan prosesor yang tepat. Layar dengan refresh rate 90Hz berarti layar akan memuat gambar 90 kali per detik, memungkinkan lebih banyak gerakan yang halus dan kemampuan untuk menampilkan 90 frame per detik.

Seperti yang sudah dibahas, realme 6 Pro memiliki Ultra Smooth Display 90Hz yang berjalan mulus diatas bidang layar seluas 6,6-inci dan laju pengambilan sampel 120Hz. Mampu menghasilkan 90 frame per detik, layar 90Hz memiliki refresh rate 50 persen lebih tinggi bila dibandingkan dengan layar 60Hz konvensional.

Untuk yang lainnya, realme 6 Pro menampilkan layar IPS beresolusi FHD+, dengan ukuran 1080 x 2400 pixels dan aspek rasio 20:9. Tentunya ini membuat layar terasa begitu luas dan sangat nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti menonton film, mengedit foto, bermain gim, atau sekedar bermain media sosial.


Kamera

realme memberi julukan realme 6 Pro sebagai The Most Powerful 6-Camera Phone dimana sesuai namanya realme 6 Pro terdapat empat kamera belakang dan dua kamera depan.

Untuk pengaturan kamera belakang yang mirip dengan realme XT, tetapi dengan kamera kedalaman yang ditukar dengan kamera telefoto. Ada kamera ultra lebar 8 megapiksel, sensor primer 64 megapiksel,, kamera telefoto 12 megapiksel dengan 2X optical zoom, dan kamera makro 2 megapiksel. Di bagian depan, kami memiliki kamera utama 16 megapiksel dan kamera sudut lebar 8 megapiksel kedua.

Kami cukup senang dengan bentang alam dan foto close-up yang kami dapatkan dengan realme 6 Pro pada siang hari. Objek yang jauh memiliki detail yang cukup bagus, warnanya terwakili dengan baik, dan HDR bekerja dengan sangat baik.

Kamera sudut lebar cukup menyenangkan untuk digunakan tetapi detailnya terkadang hit and miss, yang terbukti saat diperbesar. Kami juga memperhatikan adanya penyimpangan kromatik yang terlihat di sekitar tepi namun hal ini hanya berlaku di beberapa objek saja.

Ketika kami mencoba fitur Ultra 64MP untuk memotret berbagai kondisi, yang mampu menampilkan gambar cukup jelas dan terang meski di dalam ruangan. Ketika saya perbesar, gambar tersebut juga masih akan terlihat jelas. Tak ketinggalan, kami juga memotret dengan model telephoto menggunakan fitur 20x zoom. Bagi kami hasil gambarnya terlihat cukup detail dan hasil warnanya juga terang meski kondisi dalam mala, hari. Oh iya, kami juga memotret menggunakan Portrait yang mampu secara rapi menyeleksi gambar yang terkena blur dan tidak. Bahkan kami juga bisa menyesuaikan tingkat bokeh untuk mendapatkan hasil maksimal.

Berbicara kamera depannya, realme 6 pro dibekali dual kamera dengan resolusi 16MP dengan aperture f/2.0 dan kamera super wide-angle 8MP. Realme juga menyematkan beragam fitur pada kamera depannya, seperti HDR, Beauty, Portrait, Nightscape 3.0, Pano, Time-Lapse, Nightscape, dan beragam filter warna. Untuk berselfie, kami biasanya menggunakan fitur Beauty, Portrait, dan filter warna agar hasil gambarnya semakin kece.

Hal baru yang kami temui selain desain dual in-display selfie ini adalah kemampuan kamera depan untuk mengambil video gerak lambat atau slo-mo. Lalu adanya efek lampu yang akan menyala ketika beralih ke kamera depan atau membuka kunci menggunakan pengenalan wajah.

Untuk perekaman video realme 6 Pro dapat merekam video hingga 4K, tetapi hanya pada 30fps. Pada resolusi ini, Anda tidak dapat beralih ke kamera sudut lebar, tidak ada stabilisasi dan zoom yang Anda lakukan hanya akan menjadi digital. Pada 1080p, Anda dapat memilih 30 atau 60fps dan memotret dengan kamera belakang mana saja. Namun, Anda harus membuat pilihan sebelum melakukan perekaman, karena Anda tidak dapat beralih saat merekam, yang membuatnya keren 6 Pro memiliki mode Ultra Steady Max baru, selain mode Ultra Steady. Ini terbatas pada 1080p dan menggunakan kamera sudut lebar untuk merekam. Kualitas gambar sedikit lebih rendah daripada hanya menggunakan mode Ultra Steady, tetapi rekaman lebih stabil.

Kualitas video umumnya cukup baik pada kualitas 4K tetapi jika Anda jika tidak terlalu banyak bergerak, oleh karena itu opsi yang terbaik adalah tetap pada 1080p, karena rekaman dapat distabilkan. Dalam cahaya rendah, ada beberapa distorsi yang terlihat ketika Anda berjalan, karena stabilisasi elektronik, yang mungkin dapat mengganggu.

Untuk hasil kamera bisa di lihat di bawah ini:

Auto

Potret

20x Zoom

64 MP Mode

Nightscape 3.0


Kamera Depan

Hasil perekaman video

bisa dilihat tautan disini


Performa


Dalam hal performa, realme 6 pro ditopang Snapdragon 720G, yang diujukan sangat baik dalam gaming dan efisiensi baterai. Chipset ini merupakan yang pertama di dunia yang ditanamkan ke sebuah smartphone. Snapdragon 720G membawa spesifikasi rasa SoC flagship seperti proses fabrikasi 8nm, GPU Adreno 618, enam core CPU Kryo 470, dan modem Snapdragon X15 LTE.

Perbedaannya adalah pada cluster CPU utama, yang terdiri dari dua core CPU Kryo 465, dibandingkan dengan dua core Kryo 470 di Snapdragon 730G. Karena ini adalah chip yang lebih baru, chip ini juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Snapdragon 730G, seperti dukungan untuk Bluetooth 5.1, navigasi satelit NavIC, dan Sensing Hub yang lebih hemat daya.

Snapdragon 720G adalah chipset yang tangguh, sehingga seperti yang diharapkan, penggunaan umum dan multitasking ditangani dengan sangat baik. Ditambah dengan kecepatan refresh 90Hz membuat penggunaan terasa halus, dan hal baiknya adalah ada opsi Auto, yang artinya secara otomatis turun ke 60Hz untuk menghemat daya jika aplikasi tidak dapat memanfaatkan kecepatan refresh yang lebih tinggi.

Sensor sidik jari kapasitif luar biasa cepat, dan bahkan ketukan sekecil apa pun sudah cukup untuk membuka kunci ponsel tanpa harus benar-benar menekan tombol. Pengenalan wajah juga tetap berlangsung cepat, dan bekerja dengan baik meskipun dalam kegelapan.

Performa benchmark juga sangat bagus. Di AnTuTu, kami mendapat 2.79.538 poin, sedangkan PCmark mendapatkan 10052 poin. Kinerja gaming yang sebenarnya juga cukup solid. Gim berat seperti AOV dan Call of duty mobile berjalan dengan lancar pada pengaturan grafis yang relatif tinggi. Tampilan grafis bawaan yang disesuaikan dengan spesifikasi realme 6 Pro adalah High. Sehingga, tampilan grafisnya ketika bermain cukup memanjakan mata para gamer.

Setelah bermain kurang lebih 30 menit, bodinya memang terasa sedikit menghangat. Selain menjadi sedikit hangat, realme 6 Pro masih cukup nyaman digunakan untuk sesi gaming yang panjang. Namun kami tidak menganjurkan untuk berlarut-larut dalam bermain gim, demi kesehatan pengguna.

Baterai

realme 6 Pro memberikan masa pakai baterai yang solid, bahkan dengan penggunaan yang berat. Kami mencatat waktu pemakaian 21 jam dan 42 menit dalam tes loop baterai video HD kami, yang artinya sangat bagus.

Ditambah, realme 6 Pro ini mengusung kecepatan isi daya yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Oiya, tidak lupa juga realme 6 Pro hadir dengan 30W Flash Charge. Jadi, meski baterainya memiliki kapasitas tinggi, kami cukup percaya diri dengan waktu pengisian daya yang gesit.

Berdasarkan pengalaman kami, baterai ini dapat terisi penuh dari keadaan kosong dalam waktu 1 jam saja.

Fitur lain

realme 6 Pro di Indonesia tersedia dalam satu varian saja yakni dengan 8GB RAM dan 128GB penyimpanan. Fitur lain termasuk Bluetooth 5.1, ac Wi-Fi dual-band, radio FM, Dolby Atmos untuk speaker dan headphone, baterai 4.300mAh, dan dukungan 30W Flash Charge dengan USB Type-C.

realme 6 Pro berjalan pada realme UI, yang berbasis Android 10. Unit yang kami uji memiliki patch keamanan bulan Februari. Antarmuka ini mengarah pada gaya Android murni yang mengedepankan kustomisasi. Salah satu kustomisasi yang diadopsi realme UI ini adalah pengaturan ikon yang dapat disesuaikan bentuk (segitiga, bulat dan lainnya) serta ukuran gambar ikon.

Tak lupa realme memperkaya fitur yang sudah ada pada Digital Wellbeing dengan Focus Mode. Sebuah mode yang akan memblokir notifikasi dan menganjurkan penggunanya untuk rileks sejenak.

Mengetuk dua kali pada bidang kosong di Homescreen dapat mengunci layar dan untuk membukanya cukup aktifkan mode "raise to wake up" pada menu Pengaturan.

Jika Anda menggulirkan menu Pengaturan, paling bawah terdapat sub-menu realme Labs dimana terdapat fitur versi beta testing yang sedang diuji coba oleh realme. Ini berarti pengguna bisa menjadi yang pertama ketika realme sedang menguji sebuah fitur baru. Menarik bahwasanya realme juga memikirkan rasa keingintahuan pengguna yang paham dengan teknologi smartphone dengan adanya "realme lab" ini.

Berlanjut pada aplikasi bawaan yang sudah ada ketika menyalakan smartphone pertama kali. Anda mendapatkan banyak aplikasi pra-instal dengan 6 Pro tetapi tenang saja kebanyakan dari mereka dapat dihapus. Kami tidak menghadapi masalah apa pun dengan pemberitahuan spam dari aplikasi stok, dan sedikit yang datang, kami berhasil menonaktifkan sebagian besar dari pengaturan aplikasi masing-masing.


Infografis

Realme-6-Pro-Biru

Kesimpulan

Jadi secara keseluruhan, ponsel ini memiliki harga di segmen menengah dengan citarasa flagship. Karena menampilkan performa yang bagus, hasil kamera yang memanjakan mata, tampilan layar layaknya layar flagship dengan dual in-display selfie serta refresh 90Hz.

Membawa realme 6 Pro dalam genggaman, para penggunanya dapat mengekspresikan kepribadian mereka lewat fitur-fitur yang dihadirkannya. Tak lupa desain belakang yang segar dengan aksen petir yang funky.

Daya tahan smartphone ini cukup awet dan proses pengisian dayanya cepat 30W. Dengan layar yang luas, bermain game dan menonton video di realme 6 Pro terasa nyaman.

Kualitas hasil foto kamera utama maupun selfie realme 6 Pro sudah tidak diragukan lagi. Dengan harga Rp4 jutaan, realme 6 Pro cocok menemani semua aktifitas harian Anda, termasuk bermain game dan fotografi mobile.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA