Realme 6 Pro vs Samsung Galaxy A71, Bagus Mana?

IN
Oleh Ibnu Naufal
Selasa 24 Maret 2020
share
(ist)

SMARTPHONE pada pangsa pasar mid-range atau kelas menengah adalah segmen pasar yang sangat potensial. Pasar ini memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin smartphone dengan kinerja mumpuni, namun dengan bujet yang masih sesuai kantong. Di segmen ini, ada dua produk baru yang masuk pasar dan bersaing yaitu realme 6 pro vs Samsung Galaxy A71.

realme 6 pro adalah suksesor dari generasi sebelumnya yaitu realme XT. Sedangkan Samsung Galaxy A71 adalah pembaruan dari seri Galaxy A70 yang dirilis pada Maret tahun lalu. Baik sebagai generasi baru maupun update, kedua produk tersebut membawa peningkatan maupun penambahan fitur yang cukup penting.

Keduanya juga merupakan idola baru di segmennya masing-masing. Nah, seperti apa fitur dan spesifikasi yang ditawarkan kedua perangkat ini? Apa produk yang sebaiknya dipilih sebagai daily driver? Sebelum memutuskan membeli, yuk simak komparasi realme 6 Pro vs Samsung Galaxy A71 berikut ini.

Desain

Ciri khas realme langsung terpancar begitu memegang perangkat ini. realme 6 Pro mengadopsi desain cahaya kilat yang merupakan ciri desain baru dari smartphone sub-brand dari OPPO ini.

Namun, berbeda dari tekstur pemotongan matte sebelumnya, generasi baru mengadopsi permukaan asli yang dipoles dan tekstur skala nano baru.

Seluruh proses desain melibatkan teknologi cetak offset UV-curing untuk pertama kalinya. Ratusan penyesuaian ulang telah dilakukan untuk pada akhirnya mencapai desain pola kilat realme 6 Pro dengan lapisan yang kaya dan tekstur yang elegan.

Desain ergonomis seperti ini memberikan nuansa yang lebih nyaman saat dilihat maupun digenggam.

realme 6 Pro tersedia dalam dua pilihan warna. Pertama, lightning red dengan warna cerah yang menambah kemewahan. Kedua, lightning blue yang selama ini menjadi warna favorit pengguna realme dimana memperlihatkan kesan misterius dan premium.

Sementara itu, Samsung Galaxy A71 hadir dengan bodi berukuran tipis dan berlayar luas, dan termasuk perangkat Galaxy A dengan ukuran layar terbesar saat ini, sebesar 6,7 inci.

Selain itu, layar perangkat ini juga mengusung desain serupa perangkat unggulan di lini Galaxy S dan Note. Galaxy A71 memiliki varian warna Prism Crush Black, Silver, dan Blue.

Mengusung layar berbalut bahan pelindung Gorilla Glass 3 berukuran luas, ponsel ini juga menghadirkan kenyamanan saat disimpan di saku celana berkat dimensinya yang tipis.

Tetapi di sisi lain jadi terkesan mirip dengan smartphone kompetitor yang sudah lebih dulu menerapkan konsep serupa seperti dari Oppo dan realme ini juga. Bahkan, realme melapisi bagian layarnya dengan Gorilla Glass 5.

Secara keseluruhan, desain kedua produk ini oke untuk di kelasnya. Namun ketika dibandingkan, terlihat kualitas desain realme 6 Pro yang lebih solid dan kokoh dengan karakter lebih tegas dan dinamis.

Layar

Masuk kedalam tampilan layar, realme 6 Pro dilengkapi dengan layar Full HD+ IPS 6,6 inci yang mampu berjalan pada 90Hz, dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Samsung Galaxy A71, di sisi lain, hadir dengan Full 6,7 inci Layar HD+ Super AMOLED, dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Sementara kedua perangkat memiliki ukuran dan resolusi layar yang hampir sama, perbedaannya terletak pada panel yang digunakan.

Orang yang menginginkan tampilan yang lebih halus dapat memilih realme 6 Pro berkat kecepatan refresh 90Hz, sementara orang yang lebih suka tampilan AMOLED akan tertarik ke Galaxy A71.

Kamera

Walau masih tergolong pemain baru, tetapi realme justru membuka era six-camera resolusi tinggi 64 MP di pasar. Sehingga memberikan pengalaman fotografi serba bisa yang dapat diterapkan dalam berbagai skenario. Ini merupakan keunggulan utama dari realme 6 Pro.

Secara teknis, realme 6 Pro dibekali quad-camera pada belakang dengan konfigurasi kamera utama terdiri dari ultra wide-angle 8MP 119, kamera utama 64MP, lensa telefoto 12MP 20x Hybrid Zoom dan lensa makro.

Kamera dilengkapi dengan sejumlah fitur unggulan yang sudah ditingkatkan. Di antaranya Nightscape 3.0 tersedia menghasilkan foto pemandangan malam dengan kecerahan dan detail istimewa berkat fitur AI. Kemudian Chroma Boost yang meningkatkan efek fotografi yang lebih kaya warna.

Hal penting lainnya di realme 6 Pro adalah Ultra-wide. Dengan fungsi memiliki kamera wide-angle dengan piksel 8MP, sudut lebar 119 derajat dengan apertur f/2.3 sangat cocok untuk mengambil foto lanskap, bangunan maupun foto grup dengan banyak orang.

Kemampuan kamera realme 6 Pro yang juga baru adalah 20X Hybrid Zoom dimana dengan aperture besar f/2.5 dan dukungan PDAF, lensa hybrid optical zoom 2X 12MP dapat mencapai zoom hybrid hingga 20X.

Bagaimana dengan yang gemar swafoto? Kamera depan Dual In-Display Selfie camera realme 6 Pro dengan kamera utama 16MP Sony wide-angle IMX471 + 8MP 105 derajat kamera super wide-angle.

Rentang pemotretan 2.5 kali dari sebelumnya dan dengan Edge Deformity Correction, dan dapat mengenali wajah serta secara otomatis mengoptimalkan kontur wajah ketika Anda memotret di tepi foto.

Pada saat yang sama, kedua kamera ini juga memiliki keunggulan yang lebih luas dalam berbagai kasus dengan mendukung HDR dan super portrait Nightscape Selfie.

Nah, bagi yang ingin membuat konten video, kualitas di realme 6 Pro ditingkatkan dengan dukungan perekaman video hingga resolusi 4K. Bukan hanya itu saja, kamera depan dan belakang keduanya memiliki fungsi Ultra Image Stabilization (UIS).

Fungsi video juga mendukung perekaman video gerakan lambat dalam resolusi 120fps pada resolusi 1080p.

Di sisi lain, Samsung Galaxy A71 juga tak mau kalah dalam urusan kamera. Samsung juga menghadirkan empat lensa kamera di Galaxy A71 dirancang untuk menangkap berbagai momen setiap hari. Baik saat pengambilan gambar secara dekat, tangkapan yang luas, hingga foto Bokeh dengan kesan dramatis.

Samsung Galaxy A71 memiliki kamera utama dengan sensor 64MP F1.8 yang menyajikan kualitas gambar detail dan tajam. Selanjutnya, lensa Ultra-Wide 123 12MP, kamera Makro 5MP (40mm), serta lensa Depth 5MP.

Bedanya, realme sangat menonjolkan kemampuan kamera 64MP ini. Sedangkan Samsung terkesan biasa saja. Bahkan untuk seri Galaxy A71 ini lebih ditonjolkan fitur gamingnya. Bagaimanapun, setiap produsen smartphone memiliki strateginya masing-masing.

Tapi menurut kami, keberadaan empat kamera ini di Samsung A71 terasa berlebihan dan lebih terkesan sebagai gimmick. Karena tidak menambah kinerja kamera secara keseluruhan.

Bisa dibilang, realme 6 Pro menawarkan lebih banyak variasi berkat kamera telefoto belakang dan lensa ultra lebar depan, Galaxy A71 secara keseluruhan juga memiliki kamera resolusi lebih tinggi yang dapat menghasilkan foto yang cukup baik.

Performa

Chipset adalah bagian sentral dari ponsel. Karena inilah otak yang membuat perangkat berjalan dengan sebagaimana mestinya. realme 6 Pro dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G.

Dibanding dengan realme XT yang memakai Snapdragon 712, ada peningkatan pada chipset generasi baru dengan arsitektur delapan inti Kryo ini. Kami ingatkan bahwa realme 6 Pro merupakan smartphone pertama di dunia yang ditenagai oleh Snapdragon 720G ini.

Sementara, Samsung Galaxy A71 untuk dapur pacunya dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 730G. Sebagaimana realme 6 Pro yang chipsetnya ditingkatkan dari sebelumnya, Galaxy A71 ini juga mengalami peningkatan walau tidak signifikan. Secara kelas, kedua chipset tersebut berada di segmen yang sama.

Selanjutnya pada sektor memori, realme 6 Pro menggunakan LPDDR4X + UFS2.1. Ini merupakan paket konfigurasi berkecepatan tinggi dengan 8GB+128GB. Sementara untuk Galaxy A71 pilihan memori yang tersedia adalah varian 8GB+128GB.

Untuk menunjang aktivitas pengguna, realme 6 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas tinggi 4300mAh. Baterai diperkuat dengan fungsi AI Freezer yang dapat memprediksi penggunaan aplikasi, dan segera membekukan aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat daya. Sistem pengisian daya juga telah mendukung 30W Flash Charge.

Di sisi lain, Samsung Galaxy A71 memakai baterai berkapasitas 4.500 mAh yang telah mendukung fast charging 25W saja.

Soal kinerja, kami lebih memilih realme 6 Pro di sini, berkat chipsetnya yang yang lebih baru, meskipun tidak ada angka tolok ukur nyata untuk menunjukkan seberapa besar jarak antara Snapdragon 720G dan 730G.

Fitur lain

Opsi konektivitas, yaitu kemampuan dual-SIM, 4G LTE, WiFi 5, dan Bluetooth 5 adalah sama untuk kedua perangkat.

Dalam hal biometrik, kedua perangkat memiliki penguncian wajah, meskipun keduanya menggunakan pemindai sidik jari yang berbeda.

realme 6 Pro menggunakan pemindai yang dipasang di samping, sedangkan Galaxy A71 dilengkapi dengan pemindai sidik jari dalam layar.

Kedua perangkat juga berjalan pada Android 10, dengan realme 6 Pro memiliki custom realme UI di atasnya, sedangkan Galaxy A71 hadir dengan One UI 2.0.

Infografis

Realme-6-Pro-vs-Samsung-A71-Watermark

Kesimpulan

realme telah merilis perangkat hebat lain yang menawarkan banyak fitur melimpah, dengan realme 6 Pro Anda mendapatkan tampilan kecepatan refresh yang cepat, chipset kelas menengah terbaru dari Qualcomm, kamera hebat, dan dukungan pengisian cepat 30W.

Meski begitu, Samsung Galaxy A71 masih merupakan perangkat yang solid. Dengan beberapa kelebihan fitur seperti layar AMOLED yang menawarkan reproduksi warna yang lebih baik dan hitam yang lebih baik.

Bagaimana dengan harga? Samsung Galaxy A71 dibanderol Rp6.099.000 dengan memori 8GB+128GB. Sedangkan realme 6 Pro dipasarkan dengan harga Rp4.499.000 dengan varian 8GB +128GB.

Namun balik lagi dengan spesifikasi yang hampir mirip, realme 6 Pro dipasarkan dengan harga yang jauh lebih murah. Tentu ini bisa jadi pertimbangan penting juga bagi konsumen ketika memutuskan untuk membeli perangkat.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA