Penanggulangan Wabah Virus Corona

XL Axiata Gratiskan Akses Komunikasi untuk BNPB

IB
Oleh ibnu
Jumat 27 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mendukung penuh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam menangani penyebaran dan penanggulangan virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

Dukungan tersebut diwujudkan dalam beberapa jenis bantuan, dari mulai layanan telekomunikasi dan data, penguatan jaringan di sejumlah titik lokasi rumah sakit, hingga penyediaan alat pelindung diri (APD).

Secara simbolis, Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih menyerahkan bantuan kepada BNPB di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa dukungan XL Axiata ini merupakan salah satu bentuk dari keikutsertaan dalam gotong royong nasional bersama seluruh elemen masyarakat Indonesia dalam mencegah penyebaran COVID-19.

"Dengan keberadaan jaringan infrastruktur XL Axiata yang berada di seluruh wilayah Indonesia hingga pelosok daerah akan bermanfaat sebagai sarana komunikasi dan konektivitas data bagi tim BNPB untuk mempermudah koordinasi ke seluruh penjuru negeri," ujar Tri.

Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Lilik Kurniawan pun mengatakan bahwa pihaknya menyambut gembira dukungan yang XL Axiata sediakan untuk membantu kelancaran BNPB dalam menanggulangi wabah COVID-19 ini.

"Saat ini, memang pemerintah dan juga tentunya kami sangat membutuhkan banyak dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak, terutama seperti APD, akses-akses yang memudahkan kami untuk selalu terhubung dengan tim kami yang memang tersebar di seluruh Indonesia. Harapan kami, kita semua bisa bergotong royong saling membantu untuk menghadapi masalah yang sedang terjadi di negara ini," ucap Lilik.

Secara detail, bantuan XL Axiata berupa layanan telekomunikasi dan data terdiri dari akses gratis untuk penggunaan telepon, SMS, dan data/internet, serta penggunaan MS Office.

Untuk keperluan ini, pihak BNPB menerima 550 kartu perdana XL Axiata dengan paket bulanan Rp50 ribu selama 3 bulan.

Selanjutnya, XL Axiata juga akan memperkuat jaringan telekomunikasi dan data di area Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, yang saat ini menjadi rumah sakit darurat khusus pasien COVID-19 dan di rumah sakit-rumah sakit yang fokus pada penanganan COVID- 19, serta penempatan satu unit mobil BTS untuk mendukung aktifitas komunikasi para petugas media dan pasien mulai pekan ini.

Selain itu, bantuan tersebut juga mencakup 100 unit alat pelindung diri untuk paramedis.

Masih termasuk dalam kerja sama ini juga, XL Axiata membantu pengiriman blast SMS dari BNPB kepada pelanggan, yang berisi informasi seputar penanganan COVID-19, serta materi sosialisasi dan edukasi terkait dengan wabah virus berbahaya ini.

Melalui sarana ini, pelanggan XL Axiata dan masyarakat luas antara lain bisa mendapatkan informasi mengenai perkembangan terbaru penanganan wabah ini, seputar prosedur penanganan jika diduga ada masyarakat yang tertular, hingga mengenai rumah sakit mana saja yang menangani pasien COVID-19 di berbagai daerah.

"Kami akan selalu terbuka untuk kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dalam penanganan penyebaran COVID-19 ini sesuai dengan kompetensi kami di bidang telekomunikasi. Kami juga akan memantau perkembangan yang ada sambil menyiapkan dukungan lain yang bisa kami berikan. Sebelumnya XL Axiata juga telah memberikan bebas akses ke website resmi covid19.go.id bagi pelanggan dan masyarakat yang menggunakan nomor XL Axiata," papar Tri.

Sebelumnya, XL Axiata telah hadir membantu pemerintah dalam penanggulangan penyebaran virus COVID-19. Salah satunya melalui program yang mendukung bekerja dan belajar dari rumah sesuai prosedur pencegahan penularan.

Program ini memberikan bebas kuota data 2GB per hari bagi pelanggan untuk bisa mengakses sejumlah aplikasi untuk membantu tetap produktif selama bekerja dan belajar dari rumah.

Kuota bebas tersebut juga bisa pelanggan manfaatkan untuk akses informasi mengenai penanganan virus corona dari sumber-sumber resmi di Kementerian Kesehatan (https://infeksiemerging.kemkes.go.id/) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (https://corona.jakarta.go.id/).

Pelanggan juga gratis menghubungi saluran hotline COVID-19 melalui saluran 119 dan 112. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA