60 Tahun Panasonic Gobel Melayani Indonesia

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 09 April 2020
share
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Tahun 2020, kemitraan Panasonic dan Gobel indonesia genap memasuki usia 60 tahun. Banyak prestasi yang berhasil dicapai selama enam dasawarsa tersebut.

Kontribusi Panasonic Gobel mendapat banyak apresiasi. Dia adalah pionir dalam industri elektronika nasional.

Hingga kini, komitmen dan kontribusi positif Panasonic Gobel terhadap kinerja industri elektronika di Tanah Air terus berkesinambungan dengan terus menambah produk-produk baru dan peningkatan kapasitas produksi melalui kegiatan investasi, ekspor, alih teknologi dan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan berdaya saing global.

Sejak awal pendiri perusahaan ini, Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel berkomitmen ingin membangun industri sebagai jalan untuk berbhakti memajukan Indonesia.

"Demi mewujudkan cita-cita tersebut, Pak Gobel kemudian memilih melakukan kerja sama, joint venture dengan Matshushita (Jepang) karena sama-sama memiliki visi membangun industri dan melakukan investasi jangka panjang di Indonesia," ujar Rachmat Gobel, putra pendiri sekaligus President Commisioner PT Panasonic Gobel Indonesia.

Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel adalah seorang entrepreneur sejati dan diakui sebagai industriawan tangguh yang memiliki rasa nasionalisme serta berpandangan jauh ke depan.

Langkah besarnya diawali pada tahun 1954, ketika dia memutuskan mendirikan PT Transistor Radio Manufacturing di Cawang, Jakarta Timur yang memproduksi radio transistor pertama di Indonesia dengan merek 'Tjawang'.

Tahun 1960, untuk mengembangkan usaha industrinya, PT Transistor Radio Manufacturing dan Matsushita Electric Industrial Co. Ltd (Japan) menjalin kerja sama.

Sepuluh tahun kemudian, kedua perusahaan tersebut sepakat meningkatkan kerjasamanya dengan membentuk joint venture, PT National Gobel, perusahaan assembling & manufacturing (pembuatan) peralatan elektronik rumah tangga.

Sejak itu, perusahaan-perusahaan di bawah naungan Panasonic Gobel terus berkembang, melalui berbagai pasang surut. Bendera perusahaan juga berganti, dari PT National Gobel menjadi PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI).

Namun, ada satu hal yang tidak pernah berubah, yakni tekad membangun industri dan nilai tambah untuk perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, Panasonic Gobel tidak hanya membangun pabrik, tapi juga membangun manusia Indonesia yang unggul agar bisa melakukan alih teknologi, serta tidak kalah pentingnya tetap menjaga hubungan baik dengan semua pemangku kepentingan seperti masyarakat, pemerintah termasuk perguruan tinggi dan media massa.

Sebagai salah satu langkah kongkrit, tahun 1979 didirikanlah Yayasan Matsushita Gobel yang memiliki visi menciptakan masyarakat Indonesia yang cerah dan sejahtera.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA