Dorong Penjualan di China, Apple Diskon iPhone 11

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 30 April 2020
share
 

INILAHCOM, Beijing - Apple memberikan diskon untuk iPhone 11 guna meraih pangsa pasar di China dan mendorong penjualan smartphone setelah pandemi virus corona (COVID-19).

Pasar China menyumbang sekitar 15 persen bagi pendapatan Apple. Perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino, California, AS itu harus menutup toko-toko mereka di AS dan Eropa karena pandemi COVID-19. Sementara saat ini, Apple sudah membuka seluruh toko di China.

Data industri smartphone di China menunjukkan pasar membaik secara cepat setelah wabah berlalu di negara tersebut. Penjualan iPhone di China melonjak 21 persen pada Maret lalu, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kenaikan pada Maret 2020 berjumlah tiga kali lipat dibandingkan pada Februari 2020.

Awal April lalu, beberapa toko ritel di China memberi diskon hingga 18 persen untuk iPhone 11. Apple juga diramalkan mendapat angin segar di negara tersebut lewat iPhone SE yang baru saja diluncurkan.

Analis industri smartphone dari firma Canalys, Nicole Peng, menilai bahwa iPhone SE yang berharga murah tersebut bisa menarik para pemakai iPhone lama untuk membeli smartphone baru meski pun kondisi ekonomi sedang lemah.

"Orang menghindari ketidakpastian saat kondisi (ekonomi) lemah. Brand seperti Apple yang bisa menunjukkan kualitas sehingga orang tidak begitu khawatir ponsel akan rusak atau layanan purnajual akan menarik bagi pembeli," kata Peng, seperti dilansir Reuters.

Sementara itu, analis dari Evercore, Amit Daryanani, berpendapat Apple bisa mendapatkan posisi yang bagus karena meluncurkan smartphone yang harganya terjangkau saat ekonomi lemah akibat pandemi.

Peluncuran iPhone SE juga menunjukkan rantai pasokan Apple kembali pulih setelah manufaktur harus ditutup selama beberapa pekan karena terdampak COVID-19.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA