12 Aplikasi Menarik saat Social Distancing

TA
Oleh taufiqqurakhman
Minggu 03 Mei 2020
share
 

TIDAK dipungkiri lagi kalau masa karantina social distancing saat pandemi virus corona seperti saat ini adalah sangat membosankan. Tapi ada banyak aplikasi menarik yang bisa menghibur Anda seraya menanti waktu berbuka puasa.

LesKompi membuat daftar 12 aplikasi menarik untuk menghilangkan rasa jenuh di masa social distancing yang mengharuskan kita tetap di rumah seperti saat ini, mulai aplikasi menonton, bermain game, hingga karaoke.

Berikut daftarnya:

1. Netflix Inc

Aplikasi ini sudah tidak asing lagi bagi para pecinta film. Koleksi di dalamnya bisa dibilang paling lengkap dibandingkan dengan layanan serupa. Mulai dari film luar negeri sampai dalam negeri yang terbaru. Bahkan bagi penggemar Korea juga ada beberapa judul yang direkomendasikan, dan hanya tayang eklusif di Netflix.

Namun, aplikasi yang didirikan sejak tahun 1997 ini memiliki syarat wajib harus memiliki jaringan internet karena mengusung konsep streaming. Kelebihan lainnya, aplikasi ini bisa diunduh di smartphone, baik berbasis iOS atau Android.

2. Viu

Sementara bagi penggemar film dan drama Korea, Viu merupakan salah satu yang paling direkomendasikan. Koleksi film dan drama Korea di dalamnya begitu banyak, baik itu yang lama atau yang masih sedang berjalan.

Tampilannya bersih, ringan, dan kualitas audio dan gambarnya begitu bagus. Jadi bila ingin binge-watching drama Korea, aplikasi yang sudah ada sejak Oktober 2015 ini bisa dipilih.

3. YouTube

Tidak perlu diragukan lagi, YouTube menjadi salah satu aplikasi yang begitu populer pada masa karantina ini. Aplikasi berbasis video ini diminati oleh berbagai kalangan, baik itu anak-anak sampai dengan orang tua.

Di dalamnya terdapat berbagai video kreatif dan edukatif. Mulai dari resep, DIY, podcast, ada semua di YouTube. Bagi anak-anak di bawah 12 tahun, juga ada YouTube Kids yang lebih aman digunakan.

4. TikTok

Aplikasi lainnya yang begitu populer di masa karantina seperti sekarang ini adalah TikTok. Tidak hanya video dengan tarian-tarian saja, belakangan TikTok juga dipenuhi dengan para pengguna yang membagikan resep simpel memasak.

Jadi, tidak hanya menjadi ajang untuk menghilangkan jenuh saja, tapi juga untuk belajar resep baru.

5. Ludo King

Ludo King masuk ke dalam jajaran games yang banyak diminati. Belakangan, games simpel ini banyak digemari kembali karena bisa menghabiskan waktu dengan teman-teman secara online.

Sebenarnya, ini merupakan permainan tradisional asal India yang bentuknya mirip dengan Ular Tangga di Indonesia. Cara mainnya mudah, sudah tersedia di Google Play Store dan Apple Store.

6. Hago

Selain Ludo King, ada permainan ringan lainnya yang bisa dicoba, yakni Hago. Di dalamnya banyak sekali game yang bisa dimainkan bersama dengan teman-teman. Keunggulannya, ada penambahan interaksi suara langsung. Kelebihan lainnya game ini adalah selalu mengupdate berbagai jenis game baru.

Jadi, tidak perlu berpikir berulang kali untuk mendapatkan kepuasan bermain game, langsung unduh aplikasinya sekarang.

7. Line Webtoon

Sementara bagi yang suka dengan komik, Line Webtoon bisa dilirik. Di dalamnya terdapat banyak sekali koleksi komik yang bisa diakses secara gratis. Genre-nya juga beragam, mulai dari komedi, drama, romansa, fantasi, thriller, bahkan sekelas horor juga ada.

Selain genre dan koleksinya yang banyak, isinya juga update. Jadi tidak perlu khawatir kehabisan komik buat dibaca. Tinggal sediakan cemilan, berbagai judul siap memanjakan.

8. Wattpad

Kurang suka dengan komik? Bisa menginstal Wattpad yang di dalamnya memiliki koleksi novel yang banyak sekali. Penulisnya datang dari seluruh dunia. Malahan, karena banyaknya judul di dalamnya, akan kebingungan. Ada library yang bisa digunakan untuk menyimpan novel-novel yang akan dibaca.

Tidak punya banyak kuota? Bisa diunduh dan bisa dibaca secara offline. Aplikasi yang sangat bagus bagi si kutu buku.

9. Colorfy

Beberapa waktu terakhir, coloring book banyak sekali dijual di toko buku. Karena digadang-gadang, mewarnai bisa mengurangi tingkat stres yang belakangan semakin tinggi.

Nah, kini ada versi digitalnya, namanya Colorfy yang di dalamnya terdapat lebih dari 500 halaman pola gambar untuk diwarnai secara online. Desainnya sudah disesuaikan untuk orang dewasa.

Setelah selesai, hasil coloring ini bisa dibagikan ke Instagram.

10. Head Space

Tidak bisa pergi ke kelas meditasi bukan halangan untuk tak bisa melakukannya di rumah? Tenang saja. Ada banyak aplikasi pendukung yang di dalamnya berisi dasar-dasar meditasi yang mudah diikuti.

Salah satu contohnya adalah Head Space yang sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Play Store. Aplikasi ini menawarkan 10 sesi gratis pada awalnya, selanjutnya akan berbayar. Nah, ada tiga pilihan waktu yang bisa diambil, yakni tiga, lima, atau 10 menit.

11. Smule

Smule merupakan aplikasi yang sangat cocok bagi yang gemar menyanyi atau karaoke. Menyanyi di kamar mandi memang menyenangkan, tapi jika ada wadah lainnya untuk menyalurkan tambah lebih bagus, bukan?

Nah, tidak hanya sendiri saja, bisa saja mengajakteman lainnya untuk berduet. Lagunya juga update, jadi persiapkan suara emas yang
dimiliki.

12. 9GAG

Aplikasi untuk membunuh waktu lainnya, bisa dipertimbangkan adalah 9GAG. Di dalamnya banyak sekali konten-konten yang menyenangkan dan menghibur. Mulai dari gambar, GIF, anime, manga, film dan TV, dan lainnya yang akan membuat tertawa terpingkal-pingkal.

Tidak luput dari konten 9GAG adalah kejadian-kejadian viral yang dijadikan meme dan berbagai komentar di forum-forum yang bikin tertawa terbahak-bahak.

Cukup banyak bukan kan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengusir rasa bosan. Mulai dari yang santai-santai seperti mewarnai atau meditasi sampai dengan aktivitas seperti menyanyi ada. Tapi, usahakan hiburan-hiburan tersebut bisa diatur dengan baik supaya tidak membuat pekerjaan jadi berantakan.

Selamat bersenang-senang. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA