4 Tips Belajar di Rumah dari Resso

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Jumat 08 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Banyak hal yang dilakukan secara berbeda di situasi yang baru pernah kita alami, ketika orang-orang di seluruh dunia menetap di rumah selama berminggu-minggu,

Ada yang sendirian dan ada yang bersama keluarga selama masa karantina ini. Namun, bagaimanapun juga Anda memerlukan penyesuaian untuk benar-benar fokus ketika belajar.

Sebelum pandemi ini, rasanya mudah untuk fokus di kelas ataupun di kafe bersama dengan teman-teman. Tetapi, saat ini kita sedang beradaptasi kembali, di mana rumah adalah satu-satunya pilihan tempat untuk belajar.

Lebih dari 300 juta siswa di dunia yang proses pembelajarannya terganggu selama masa pandemi ini. Sekolah dan universitas tidak dapat menanggulangi gangguan ini namun tidak seperti di masa lalu, kita dapat tetap belajar meskipun sekolah atau universitas ditutup.

Berikut empat tips dari aplikasi streaming musik sosial Resso mengenai cara belajar efektif selama di rumah:

1. Hias dan bersihkan tempat belajar Anda

Jika Anda memiliki meja di kamar, itu merupakan awal yang baik. Lakukan sedikit 'Marie Kondo-ing', yaitu merapikan ruangan dan mengatur tempat untuk meletakan buku-buku, komputer, dan alat-alat belajar lainnya. Selain itu, singkirkan barang-barang yang tidak berhubungan dengan kegiatan belajar Anda.

Namun apabila Anda tidak memiliki meja di kamar, pilihlah tempat yang dapat digunakan untuk belajar. Pastikan tempat tersebut bersih, rapi, dan terhindar dari gangguan selama Anda belajar.

Selain itu, pastikan untuk merapikan alat-alat belajar Anda ketika sudah selesai sehingga tempat tersebut bisa berguna seperti semula.

Gunakanlah media yang dapat portabel seperti tas atau box kecil untuk membantu Anda meletakan alat-alat belajar; Anda dapat menjaga semuanya di satu tempat dan juga mudah untuk berpindah tempat ketika diharuskan.

2. Fokus

Fokuslah selama jam belajar Anda. Semakin Anda fokus dan berdedikasi maka semakin efektiflah jam belajar tersebut. Akan lebih baik jika Anda dapat mengalokasikan waktu!

Hiper-fokus akan membantu Anda untuk belajar dengan giat dan menyiapkan hal-hal di luar dari yang sudah direncanakan. Jika Anda merasa sulit fokus, istirahatlah sejenak, ambil napas atau nikmati sedikit hiburan.

3. Berikan diri Anda penghargaan

Fokus selama belajar di masa pandemi terutama selama masa karantina pastinya memiliki kesulitan tertentu. Maka dari itu ketika Anda telah berhasil mengatur waktu untuk belajar, berilah diri Anda penghargaan!

Penghargaan tersebut dapat berupa durasi tambahan untuk menonton film favorit, menikmati dessert, istirahat atau apapun yang dapat Anda nikmati.

Hal ini akan meningkatkan kebiasaan belajar yang baik dan tentu saja hal tersebut merupakan perlakuan yang pantas Anda dapatkan.

4. Dengarkan dan tenangkan hati Anda

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Resso yang melibatkan Gen Z dan Millennial di Indonesia sebagai responden (Jawa dan Sumatera), setengah dari mereka mendengarkan musik selagi belajar dan bekerja.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa 83 persen dari para responden mendengarkan musik sambil santai di rumah. Jadi selama periode belajar di rumah, eksplorasi berbagai macam playlist untuk meningkatkan fokus selama belajar dan eksplor lebih banyak lagu berdasarkan genre favorit Anda di Resso.

"Resso memiliki banyak playlist yang dapat membantu meningkatkan fokus selama belajar di rumah karena kami memahami betul bahwa musik merupakan bagian penting untuk kegiatan sehari-hari generasi muda dan juga membantu mereka untuk lebih produktif selama periode ini. Didukung oleh riset kami yang menemukan bahwa kebanyakan orang mendengarkan musik selama belajar ataupun bekerja," kata Tricia Dizon, Country Manager Resso Indonesia, kepada INILAHCOM, Jumat (8/5/2020).

Resso juga memberikan penawaran terbatas untuk akses premium tiga bulan gratis sehingga semua orang mendapatkan pengalaman dengan Resso selama belajar dan tetap aman di rumah dengan perpustakaan musik yang luas.

Anda dapat membuat playlist sendiri berdasarkan genre favorit Anda atau Anda juga dapat mencari referensi di aplikasi Resso melalui Resso Top 30 atau New Release Hot 20.

Musik instrumental seperti klasik, jazz, lo-fi hip hop atau synthwave dapat berguna sebagai background musik, teman yang sempurna untuk meningkatkan fokus selama belajar.

Ketika libur Anda juga dapat menyuarakan isi hati melalui lirik di Resso melalui fitur lirik yang terdapat di screen untuk mengekspresikan isi hati Anda.

"Dengan Resso, Anda dapat bereksperimen dengan genre yang berbeda untuk melihat apa yang cocok untuk Anda," ujar Tricia.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA