Google Rilis Android 11 Beta Pertama di Awal Juni

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Minggu 10 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, San Francisco - Google mengumumkan akan merilis Android 11 beta pertama pada 3 Juni 2020 dalam acara #Android11 The Beta Launch Show yang akan digelar secara langsung dari situs web developer.android.com.

"Bergabunglah bersama kami saat kami mengungkap fitur-fitur baru yang dikemas dalam rilis berikutnya, Android 11, serta pembaruan bagi para pengembang untuk membantu mereka memaksimalkan pengembangan Android yang modern," kata pengumuman dalam situs tersebut, seperti dikutip Phone Arena.

Acara itu akan dihadiri oleh para petinggi Android, yakni VP Engineering, Dave Burke, dan Senior Director Product Management, Stephanie Cuthbertson, yang akan menjelaskan soal fitur-fitur pada Android 11, dan juga bakal menjawab pertanyaan lewat tagar #AskAndroid.

Pandemi virus corona (COVID-19) menyebabkan Google membatalkan konferensi pengembang tahunan Google I/O Developers Conference yang dijadwalkan pada 12-14 Mei 2020 di Mountain View, California, AS.

Saat itu, Google mengatakan akan mencari metode alternatif untuk tetap terhubung dengan komunitas pengembangnya.

Sementara, belum lama ini, Apple mengumumkan akan mengadakan versi virtual untuk konferensi pengembangnya WWDC Developers Conference pada 22 Juni 2020, setelah membatalkan versi fisik dari acara tersebut.

Selain pengumuman peluncuran versi beta, bersamaan dengan itu, Google juga merilis versi keempat dan terakhir dari preview Android 11.

Nantinya, saat Android 11 beta pertama diluncurkan pada 3 Juni, pemilik smartphone Pixel 2, Pixel 3, Pixel 3a, Pixel 4, dan sejumlah ponsel terpilih lainnya, akan dapat bergabung dengan Android Developers Program dan menginstal versi beta dari sistem operasi tersebut.

Namun, karena masih dalam versi beta, biasanya bermasalah, dan bahkan Google mengakui bahwa OS tidak stabil hingga versi beta kedua dirilis pada bulan Juli. Sementara, versi beta ketiga, dan terakhir, akan dirilis pada Agustus, diikuti oleh rilis versi final Android 11 pada September.

Android 11 kabarnya akan memiliki fitur yang mirip dengan AirDrop milik Apple, yang akan memungkinkan pengguna Android berbagi file dengan perangkat Android yang berdekatan. Fitur lainnya termasuk menghapus batas 4GB pada file video dan fitur keamanan pada aplikasi Android.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA