Menikmati Keseruan #RamadanBarengTwitter

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Selasa 12 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Di tengah pandemi virus corona (COVID-19), pelaksanaan #Ramadan kali ini harus beradaptasi dengan realita pembatasan aktivitas yang diberlakukan pemerintah untuk meredam penyebaran.

Di kala penerapan social distancing dilakukan, Twitter menjadi tempat masyarakat berbagi ilmu dan beragam cara-cara kreatif untuk tetap menjalin komunikasi dengan sesama. Selain informasi mengenai COVID-19, berbagai konten lain juga mendapat perhatian pengguna Twitter.

Mulai dari berbagi saran untuk tetap bisa tenang dan produktif di bulan #Ramadan hingga konten kreatif yang dapat menghibur masyarakat yang terpaksa berdiam diri di rumah; Twitter merangkul enam kreator konten untuk berbagi inspirasi dan semangat selama menjalankan #RamadanDiRumah.

1. Ika Natassa (@ikanatassa), penulis yang dikenal dengan karya-karya novelnya yang juga diangkat di layar lebar yaitu Critical Eleven, Antologi Rasa, dan Twivortiare.

Ika akan berbagi cerita melalui jurnal mingguan selama menjalani #RamadanDiRumah.

2. Si Juki (@JukiHoki), adalah karakter komik karya Faza Ibnu Ubaidillah yang lebih dikenal dengan nama terkenal Faza Meonk.

Semangatnya untuk mempopulerkan komik di kalangan masyarakat memotivasinya untuk mengembangkan karakter si Juki agar dikenal oleh masyarakat luas.

Selama bulan ini, Faza akan menceritakan pengalaman yang ia rasakan saat #RamadanDiRumah melalui gambar-gambar jenaka yang akan di Tweet setiap minggu.

3. Anto Motulz (@motulz), melalui guratan-guratan sketch-nya yang memukau mata, karya-karyanya menyuarakan keindahan alam dan juga interaksi manusia dengan sesamanya.

Melalui sketch-nya, Anto akan bercerita mengenai kegiatan-kegiatan positif yang dapat dilakukan selama bulan ini walaupun #DiRumahAja, termasuk dengan menggambar.

4. Pio Kharismayongha (@piokharisma), seorang fotografer profesional yang sering berbagi tips dan karyanya di Twitter.

Dia menyukai foto human interest karena setiap manusia memiliki banyak cerita dalam hidup. Pio akan menangkap cerita-cerita itu dan membagikannya di linimasa Twitter.

5. Putu Aditya Nugraha (@commaditya), atau yang akrab disapa Bli Adit adalah seorang videografer yang bercerita soal indahnya menjelajahi dunia, review produk dan ajang-ajang menarik yang ia kunjungi.

Selama #RamadanDiRumah, Bli Adit akan menunjukkan hobinya membuat musik kepad pada followers-nya.

6. Strimingin (@strimingin), sebuah wadah kolaborasi yang mengemas program/kampanye menjadi konten yang relevan dalam format live streaming serta dihadiri oleh jajaran narasumber menarik.

Untuk beberapa minggu ke depan, @strimingin akan mengadakan siaran langsung di setiap akhir pekan dengan para kreator konten untuk berbagi kisah dan keseruan selama #RamadanDiRumah.

Hingga empat minggu ke depan, keenam konten kreator ini akan berbagi inspirasi dan keseruan yang mungkin dapat menjadikan #RamadanDiRumah menjadi lebih bermakna.

Berikut ini adalah beberapa konten seru yang akan dilakukan oleh para konten kreator ini:

- Semangat #BerbagiBarengTwitter
Ramadan esensinya adalah berbagi, kali ini para kreator konten tidak lupa untuk menyisipkan semangat membantu sesama melalui cara unik masing-masing.

- #MendadakChef
Di tengah pandemi saat ini, banyak orang mulai mencoba aktif dan berkreasi di dapur. Ikuti keseruannya dengan berbagi resep makanan favorit, dan keluarkan 'jiwa Chef' Anda!

- Tantangan #GakNyangkaGueBisa
Selama beraktivitas di rumah saja, banyak di antara kita yang mulai punya hobi baru. Aktivitas yang tadinya tidak pernah dilakukan, sekarang mungkin menjadi hobi baru. Pengguna Twitter akan diajak untuk melakukan hal seru untuk mengisi waktu selama #RamadanDiRumah.

#RamadanDiRumah ala warganet Indonesia

Walaupun Ramadan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Twitter tetap menjadi tempat bagi warganet untuk berbagi konten seru dan inspiratif selama menjalankan #RamadanDiRumah:

1. Mengatur dan mendekorasi kamar selama #DiRumahAja

Bagi warganet, Twitter bisa menjadi sumber inspirasi untuk mereka berbagi tips membersihkan dan/atau mengatur kamar agar menjadi lebih nyaman.

Ingin kamar lebih estetik dan nyaman untuk ditempati? Beberapa utasan ini mungkin bisa menjadi inspirasi.

2. Berbagi resep makanan sederhana

Lagi ngidam makanan tapi restoran favorit tutup? Jangan khawatir! Banyak santapan yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Mencari inspirasi menu #bukapuasa maupun #sahur pun menjadi lebih mudah karena banyak resep yang warganet bagi di Twitter.

Bingung ingin masak apa nanti? Lihat beberapa Tweet dan utasan di bawah ini untuk resep mudah yang bisa dibuat di rumah!

3. Permainan kata yang jenaka dengan #sawityotwit

Kembali trending di #Ramadan tahun ini, tagar #sawityotwit muncul setiap hari untuk menemani sahur warganet.

Di awal bulan Ramadan, Deddy Mahendra Desta (@desta80s) memulai #sawityotwit dengan memberikan tema tebak-tebakan dengan tema berbeda setiap harinya; seperti nama buah, olahraga hingga kota.

Ikuti dan pantau terus jajaran akun beserta tagar di atas agar bisa berpartisipasi dalam menciptakan percakapan positif serta mendapatkan inspirasi aktivitas seru selama bulan Ramadan.

Nah, keahlian dan kegiatan apa saja yang sudah Anda coba selama #RamadanDiRumah? Para kreator konten akan bersama warganet untuk berbagi.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA