Meluncur di Korea Selatan

Samsung Galaxy A Quantum Punya Chip Keamanan QRNG

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Jumat 15 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, Seoul - Menggandeng operator seluler terbesar Korea Selatan, SK Telecom, Samsung meluncurkan sebuah smartphone terbaru bernama Galaxy A Quantum.

Perangkat tersebut sejatinya merupakan Galaxy A71 5G yang diubah namanya karena mendapatkan perangkat keras tambahan, yakni chip keamanan QRNG (Quantum Random Number Generator) SKT IDQ S2Q000.

Sesuai dengan namanya, chip keamanan tersebut dapat diandalkan untuk mengamankan data-data sensitif yang ada pada smartphone lewat proses enkripsi sehingga lebih sulit untuk diretas. Proses enkripsi ini mengandalkan teknologi kriptografi kuantum besutan ID Quantique (IDQ).

Adapun IDQ merupakan salah satu anak perusahaan dari SK Telecom dengan fokus di bidang solusi kriptografi yang berbasis di Swiss.

Mengutip SamMobile, SKT IDQ S2Q00 merupakan chip QRNG terkecil di dunia dengan dimensi 2,5mm x 2,5mm. Chip keamanan ini dapat menciptakan angka yang benar-benar acak dengan pola yang tidak dapat diprediksi.

Chip QRNG ini diklaim dapat meningkatkan keamanan berbagai aplikasi keuangan di Korea Selatan seperti SK Pay, T ID login, dan Initial.

Di Korea Selatan, aplikasi T ID digunakan untuk masuk ke berbagai layanan online. Layanan ini digunakan oleh lebih dari 19 juta pelanggan.

Sementara Initial adalah layanan blockchain yang digunakan untuk mengeluarkan dan mengirimkan berbagai sertifikasi pribadi.

Sejak awal SK Telecom memang berencana untuk memperluas penggunaan chip QRNG dan meningkatkan keamanan untuk lebih banyak layanan di masa depan.

Terlepas dari fitur keamanan, spesifikasi Galaxy A Quantum memang identik dengan Galaxy A71 5G. System-on- Chip (SoC) yang diusung adalah Exynos 980 dan dikombinasikan dengan RAM 8GB serta memori internal 128GB.

Terdapat lima kamera yang menempel di smartphone berukuran 6,7 inci ini, terdiri dari empat kamera belakang (64MP, 12MP, 5MP, 5MP) dan satu kamera depan (32MP) yang dimuat dalam lubang punch hole.

Fitur pendukung lainnya mencakup sistem operasi Android 10 yang dilapis antarmuka One UI 2.0, dukungan konektivitas 5G, NFC, serta baterai berkapasitas 4500 mAh.

Galaxy A Quantum akan tersedia secara eksklusif untuk pengguna layanan seluler SK Telecom.

Smartphone yang dibanderol dengan harga 649.000 won atau sekitar Rp7,9 juta itu bisa dipesan di negara asalnya, Korea Selatan, mulai hari ini (15/5/2020, atau satu pekan sebelum jadwal rilis resminya pada 22 Mei mendatang.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA