Jaga Mental, Instagram Luncurkan Kampanye Positif

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Selasa 19 Mei 2020
share
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Salah satu platform yang paling sering digunakan, Instagram, meluncurkan kampanye #RealTalk dan serangkaian fitur baru untuk mendorong lebih banyak lagi interaksi positif terutama di kalangan anak-anak muda.

Untuk memuluskan kampanye ini, Instagram berkolaborasi dengan komunitas anti-bullying Sudah Dong, aplikasi kesehatan mental Riliv, dan artis cantik Ariel Tatum.

"Kampanye RealTalk memastikan pengguna Instagram di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman positif dan bermakna, serta berani berekspresi dengan cara aman dan nyaman. Ini fase kedua, pandemi Covid-19 mendorong kita untuk beradaptasi dengan the new normal (situasi normal baru)," ujar Puri Silalahi, Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, dalam telekonferensi dengan media, Selasa (19/5/2020).

Menurut dia, Instagram, berusaha memfasilitasi para pengguna aplikasi dengan praktisi dan ahli yang bisa membantu mereka untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi corona.

"Mereka harus tetap banyak di rumah dan online. Untuk menjaga kesehatan pikiran, Instagram ingin membantu, menghubungkan pengguna dengan praktisi, ahli, organisasi yang terkait dengan masalah kesehatan mental," ucap Putri.

Melalui kampanye #RealTalk, Instagram, Sudah Dong, Riliv, dan Ariel Tatum, berharap bisa mendorong anak muda untuk lebih berani tampil menjadi dirinya sendiri sehingga mereka bisa bangkit dari bullying dan tidak malu lagi mencari bantuan profesional saat mereka membutuhkan bantuan untuk menjaga kesehatan mentalnya.

Instagram-Wellness-Guides

Untuk aktivasinya, Instagram dan Sudah Dong akan bekerja sama untuk membantu mencegah terjadinya peningkatan kasus cyberbullying di kalangan anak muda, yang dapat disebabkan oleh meningkatnya penggunaan platform online saat ini.

Bersama dengan Sudah Dong, Instagram akan meluncurkan booklet anti-bullying bernama #RealTalk yang dirancang sebagai sumber informasi untuk membantu anak muda membangun interaksi positif baik online maupun offline.

Setelah pandemi corona berakhir, Sudah Dong juga akan mengadakan acara penyuluhan anti-bullying di 10 Sekolah Menengah Pertama yang tersebar di area Jabodetabek.

Sementara itu, Instagram akan bekerja sama dengan Riliv dan Ariel Tatum untuk mematahkan stigma negatif kesehatan mental yang ada di kalangan masyarakat Indonesia.

Aplikasi kesehatan mental Riliv dan Ariel Tatum akan membuat lima seri video IGTV yang akan membahas hal-hal seputar kesehatan mental dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak muda.

Selain itu, Riliv juga meluncurkan audio meditasi berjudul Mengatasi Bullyingsebagai bentuk adaptasi booklet #RealTalk.

Instagram juga meluncurkan fitur khusus bernama Guides, yang berisi kumpulan konten menenangkan terkait kesehatan mental, cara menjaga pikiran positif, anti-bullying dan berbagai konten positif lainnya yang bisa menyemangati para pengguna melalui masa krisis ini.

Sebagai tahap awal, Instagram bekerja sama dengan beberapa organisasi kredibel dan konten kreator untuk membantu melakukan kurasi konten inspiratif di Guides. Di Indonesia, tab Guides sudah dapat dilihat di profil Instagram @sudahdong dan @arieltatum.

Semua konten kampanye #RealTalk yang dibuat oleh Sudah Dong, Riliv dan Ariel Tatum nantinya juga akan disimpan di salah satu Guides yang ada di profil @sudahdong dan @arieltatum untuk memudahkan pengguna menemukan konten tersebut.

Dalam beberapa waktu ke depan, kumpulan konten Guides juga akan muncul di bagian tab Eksplor.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA