Realme 6 vs Redmi Note 8 Pro, Siapa yang Terbaik?

IN
Oleh inilahcom
Rabu 20 Mei 2020
share
(ist)

SEKARANG ini melimpah sekali pilihan smartphone murah yang beredar di pasaran. Terutama di rentang harga 3 jutaan, pengguna biasanya cukup sensitif dengan spesifikasi dan harga. Di kelas ini, ada dua produk yang cukup menyedot perhatian yaitu Realme 6 vs Xiaomi Redmi Note 8 Pro.

Sebagai pendatang baru, Realme tampil dengan penuh persiapan. Sub-brand dari OPPO ini menghadirkan Realme 6 yang mengusung Layar 90Hz Ultra Smooth, 64MP AI Quad Camera, SoC Helio G90T serta teknologi pengisian baterai super cepat 30W Flash Charge dipadu baterai berkapasitas 4300mAH.Realme 6 hadir dengan dua varian. Pertama adalah kapasitas 4GB/64GB yang dibanderol dengan harga awal peluncurannya Rp 3,5 Juta. Sedangkan varian kedua adalah kapasitas 8GB+128GB yang dijual seharga RP 3,9 Juta

Sementara itu Xiaomi yang sudah eksis di pasar mengandalkan Redmi note 8 pro. Ponsel ini memiliki layar 6.53 inci dan djuga sudah diperkuat MediaTek Helio G90T , kamera empat 64 MP+8 MP+ 2 MP+2 MP dan baterai 4.500 mAh. Berbeda dengan Realme 6, Redmi note 8 pro hanya memiliki satu varian yakni 6GB/128GB yang dibanderol Rp 3,5 Juta

Bagaimana keduanya jika diadu? Siapa yang kira-kira bakal menang? Simak komparasi Realme 6 vs Xiaomi Redmi note 8 Pro berikut ini.


Desain dan layar

Dibandingkan dengan smartphone lain di kelas menengah, realme 6 "64MP Pro Camera, Pro Display" telah menampilkan layar dengan refresh rate 90Hz yang sering terlihat di smartphone kelas flagship. realme 6 menggunakan 90Hz Ultra Smooth Display 6,5 inci dengan refresh rate 90Hz dan laju pengambilan sampel 120Hz. Mampu menghasilkan 90 frame per detik, layar 90Hz memiliki refresh rate 50% lebih tinggi bila dibandingkan dengan layar 60Hz konvensional, menghasilkan pengalaman visual yang mulus dan halus dengan setiap gesekan layar.

Untitled-1

Realme 6 tampil unggul dengan punch hole yang diberi nama In-Display Selfie untuk menampung kamera depannya, menjadikan bidang pandang layar terlihat lebih luas.Sedangkan Redmi Note 8 Pro tampil dengan layar berukuran yang hampir sama dengan realme 6 namun refresh rate-nya hanya 60Hz. Redmi Note 8 juga masih menggunakan dewdrop notch.


Sistem operasi

screen-xr

Realme 6 hadir dengan realme UI yang berbasis pada Android 10, dibangun dengan baik untuk pengalaman Android yang lebih baik dan lebih dekat dengan native. UI dirancang dengan mengingat preferensi dan estetika konsumen muda. realme UI akan berjalan mulus dan menyenangkan untuk digunakan. Sedangkan Redmi Note 8 Pro masih membawa sistem operasi Android 9.


Kamera

Realme dan Redmi sama-sama mengadopsi Quad Camera dibagian belakang. Realme 6 menawarkan konfigurasi 64 MP lensa utama, 8 MP lensa ultrawide, 2 MP lensa makro dan 2 MP depth sensor. Kamera realme 6 juga dilengkapi dengan sejumlah fitur unggulan. Di antaranya Nightscape yang menghasilkan foto pemandangan malam dengan kecerahan dan detail istimewa berkat fitur AI. Kemudian Chroma Boost yang meningkatkan efek fotografi yang lebih kaya warna.

Di sisi lain, Redmi Note 8 Pro juga tak mau kalah dalam urusan kamera belakang. Memang dalam hal jumlah lensa, ponsel juga sama memilki keempat dengan tersusun atas kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 2MP, dan sensor kedalaman 2MP.


realme-6-camera-layout-850x505

1570799649-EGa6-M9c-Uw-AAa-I-X

Lalu dibagian depan, Realme 6 menyematkan 16MP Selfie Camera. Khusus Note 8, dibagian depan berbekal lensa yang lebih besar yakni 20MP.

Dapur Pacu

Untuk Realme 6 maupun redmi note 8 pro sama-sama dipacu dengan chipset MediaTek Helio G90T yang membedakan realme 6 hadir dengan 2 pilihan memori internal yaitu 4GB/128GB dan 8GB/128GB. Dengan kombinasi CPU terbaru, GPU, RAM super cepat dan AI yang kuat, realme 6 menghadirkan pengalaman yang lancar bagi pecinta game mobile. Sementara Xiaomi Redmi note 8 Pro hanya tersedia satu pilihan yakni dengan RAM 6GB.

Baterai

Realme 6 menawarkan baterai besar berkapasitas 4.300mAh. Dalam menghemat baterai, Realme 6 juga dibekali fitur AI Freeze yang memungkinkan sistem untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak dibuka pengguna. Disusul dengan Realme Screen Battery Optimization Mode yang mampu menyesuaikan rasio kontras layar sehingga mampu memperpanjang umur baterai.

02123d0e603cc39e1e93e1d7340bff12


Walaupun hadir di kelas menengah, realme 6 dilengkapi dengan sistem pengisian baterai cepat layaknya smartphone flagship. Dilengkapi dengan 30W Flash Charge yang baru ditingkatkan, baterai 4300mAh pada realme 6 dapat terisi penuh dalam waktu 60 menit. Bahkan hanya dalam waktu 30 menit, realme 6 dapat mengisi hampir 70% baterainya. Bahkan saat bermain game yang berat, 30W Flash Charge dapat mengisi daya hingga 62% hanya dalam 60 menit. realme 6 juga mendukung pengisian daya 18W PD, menjadikannya lebih fleksibel.

Xiaomi-Redmi-Note-8-Pro-2

Redmi Note 8 Pro yang membawa kapasitas 4500mAh juga telah membawa sistem flash charging namun hanya berkapasitas 18W. Redmi Note 8 Pro setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2 jam 2 menit untuk mengisi baterainya hingga 100%.


Harga

Seperti yang sudah disebutkann di awal, di saat peluncurannya di Indonesia, Realme 6 menawarkan 2 opsi RAM yakni untuk 4GB/64GB dengan harga Rp 3,5 Juta dan untuk versi 8GB/128GB dengan harga Rp 3.9 Juta. Sedangkan, Redmi Note 8 dengan hanya satu varian RAM 8/128GB dibanderol Rp3,8 juta.

Namun kabar baiknya, untuk realme efektif per 16 Mei, para calon pembeli bisa mendapatkan realme 6 4GB/128GB dengan harga khusus yakni Rp 3.3 Juta dari harga sebelumnya Rp 3.5 Juta dan versi 8GB/128GB dengan harga Rp 3.8 Juta dari harga sebelumnya Rp 3.9 Juta.

Dengan penurunan harga ini, realme 6 menjadi tawaran menarik bagi pelanggan untuk bisa mendapatkan smartphone kelas menengah dengan fitur flagship dan spesifikasi canggih di kelasnya dengan harga terbaik.


Kesimpulan

Berdasarkan komparasi Realme 6 vs Redmi Note 8 Pro di atas, kita bisa tahu siapa yang lebih unggul. Kedua ponsel ini sejatinya memang sama-sama produk kelas Rp3 juta-an yang memiliki price to performance bagus. Namun, setelah melewati berbagai sesi komparasi, realme 6 tampaknya lebih baik.

Pada kamera, keduanya saling beradu sengit. Xiaomi Redmi Note 8 pro sedikit lebih unggul pada kamera depan. Sedangkan Realme 6 menang di kamera belakang yang memang membawa teknologi dan fitur lebih baik. Begitupun dengan performa yang saling berkejaran. Sedangkan untuk layar, desain dan teknologi pengisian baterai, Realme 6 jelas unggul telak.

Realme 6 sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang sedang mencari ponsel kelas menengah dengan performa dan layar yang mumpuni di rentang harga 3 jutaan. Itulah perbedaan Realme 6 dan Redmi note 8 pro yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membelinya. Meski begitu, semua tergantung dari kebutuhan smartphone Anda.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA