Facebook Luncurkan Layanan Belanja Shops

TO
Oleh tim ototekno inilahcom
Kamis 21 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, Menlo Park - Facebook Inc meluncurkan Shops, layanan yang memungkinkan bisnis untuk menampilkan dan menjual produk di seluruh platform jejaring sosial tersebut.

Langkah tersebut untuk melengkapi penawaran opsi berbelanja, setelah di tahun lalu Facebook merilis fitur untuk bisnis di aplikasi Instagram dan WhatsApp.

Mengutip Reuters, CEO Facebook Mark Zuckerberg berkeinginan membuat platform yang lebih ramah bisnis yang akan menghasilkan pendapatan iklan, bahkan ketika pertumbuhan pengguna melambat.

Facebook Shops akan memungkinkan pemilik bisnis untuk membuat satu toko online yang dapat diakses melalui Facebook dan Instagram.

Fitur checkout akan memungkinkan pembelian dalam aplikasi, sementara fitur perpesanan yang lebih terintegrasi akan memungkinkan pelanggan berkomunikasi dengan admin bisnis melalui WhatsApp, Messenger atau pesan langsung (DM) Instagram.

Zuckerberg juga mengatakan, Facebook akan bekerja lebih erat pada integrasi produk dengan sejumlah e-commerce, termasuk e-commerce asal Kanada Shopify dan tujuh platform e-commerce.

Seperti halnya fitur-fitur e-commerce Facebook lainnya, Shops gratis diakses oleh bisnis dengan harapan hal itu akan meningkatkan keterlibatan konsumen dan penjualan iklan.

"Model bisnis kami di sini adalah iklan," kata Zuckerberg.

"Ketimbang mengenakan tagihan kepada bisnis untuk Shops, kami tahun bahwa Shops punya nilai untuk bisnis. Mereka akan secara umum lebih banyak memasang iklan dan pada akhirnya kami akan menghasilkan uang dengan cara itu," dia menambahkan.

Facebook juga meluncurkan alat untuk menghubungkan program loyalitas dan fitur belanja yang menggunakan label produk di bawah video langsung, yang memungkinkan pemirsa melakukan pembelian sambil menonton.

Zuckerberg mengatakan bahwa lebih dari 800 juta orang terlibat dengan video langsung setiap harinya di Facebook dan Instagram.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA